PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATA KULIAH STATISTIK

Authors

  • Juliarti .
  • Armaini Rambe
  • Siti Sutanti
  • Dwi Diar Estellita

DOI:

https://doi.org/10.24114/jtp.v5i2.4975

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  motivasi  belajar  mahasiswa pada mata kuliah Statistik dengan menggunakan peta konsep dan untuk mengetahui  peningkatan hasil  belajar Statistik dengan menggunakan peta konsep. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Program Studi Tata Boga stambuk 2008 Semester Ganjil 2010/2011 yang mengontrak mata kuliah Statistik dengan jumlah 42 orang. Kegiatan Siklus I membahas materi Data dan Penyajian Data dan Siklus II tentang Ukuran Pemusatan Data. Evaluasi setiap siklus terdiri dari pretes, postes dan hasil diskusi dan presentasi. Berdasarkan hasil kegiatan penelitian diperoleh  bahwa pembelajaran mata kuliah Statistik dengan menggunakan metode pembelajaran peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa dimana nilai rata-rata pada siklus 1 terdiri dari nilai rata-rata pretes 34,13 dan nilai rata-rata postes 63,08. Pada siklus 2 memperoleh nilai rata-rata pretes 67,83 dan nilai rata-rata postes 80,69. Pembelajaran Statistik dengan menggunakan metode peta konsep dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa  Program Studi Tata Boga dimana sebanyak 70,10% mahasiswa menyatakan bahwa pembelajaran dengan peta konsep dalam mata kuliah Statistik dapat memotivasi mahasiswa untuk mempelajari Statistik.   Kata kunci: metode pembelajaran, peta konsep, statistik

Author Biographies

Juliarti .

Jurusan PKK Program Studi PKK

Armaini Rambe

Jurusan PKK Program Studi PKK

Siti Sutanti

Jurusan PKK Program Studi Tata Boga

Dwi Diar Estellita

Jurusan PKK Program Studi Tata Boga

Downloads

Published

01-10-2012

How to Cite

., J., Rambe, A., Sutanti, S., & Estellita, D. D. (2012). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATA KULIAH STATISTIK. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 5(2). https://doi.org/10.24114/jtp.v5i2.4975