PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATA KULIAH STATISTIK
DOI:
https://doi.org/10.24114/jtp.v5i2.4975Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Statistik dengan menggunakan peta konsep dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Statistik dengan menggunakan peta konsep. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Program Studi Tata Boga stambuk 2008 Semester Ganjil 2010/2011 yang mengontrak mata kuliah Statistik dengan jumlah 42 orang. Kegiatan Siklus I membahas materi Data dan Penyajian Data dan Siklus II tentang Ukuran Pemusatan Data. Evaluasi setiap siklus terdiri dari pretes, postes dan hasil diskusi dan presentasi. Berdasarkan hasil kegiatan penelitian diperoleh bahwa pembelajaran mata kuliah Statistik dengan menggunakan metode pembelajaran peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa dimana nilai rata-rata pada siklus 1 terdiri dari nilai rata-rata pretes 34,13 dan nilai rata-rata postes 63,08. Pada siklus 2 memperoleh nilai rata-rata pretes 67,83 dan nilai rata-rata postes 80,69. Pembelajaran Statistik dengan menggunakan metode peta konsep dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa Program Studi Tata Boga dimana sebanyak 70,10% mahasiswa menyatakan bahwa pembelajaran dengan peta konsep dalam mata kuliah Statistik dapat memotivasi mahasiswa untuk mempelajari Statistik. Kata kunci: metode pembelajaran, peta konsep, statistikDownloads
Published
01-10-2012
How to Cite
., J., Rambe, A., Sutanti, S., & Estellita, D. D. (2012). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATA KULIAH STATISTIK. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 5(2). https://doi.org/10.24114/jtp.v5i2.4975
Issue
Section
Articles
License

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.