STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KECENDERUNGAN PERILAKU AGRESIF TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN

Kepler Pasaribu, Abdul Muin Sibuea

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan: (1) hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kontekstual  dengan kecenderungan perilaku agresif  dan  siswa yang diajar dengan  strategi pembelajaran ekspositori dalam pembelajaran kewirausahaan, (2) hasil belajar siswa  yang memiliki kecenderungan perilaku agresif tinggi dan siswa yang memiliki kecenderungan perilaku agresif  rendah dalam pembelajaran kewirausahaan, dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran dengan kecenderungan perilaku agresif  terhadap hasil belajar kewirausahaan. Populasi   penelitian   adalah  seluruh siswa kelas XI program keahlian Bisnis dan manajemen  SMK Negeri 1 dan 7. Teknik pengambilan sampel secara acak (cluster random sampling. Teknik analisis Anava dua jalur pada taraf signifikansi a = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasil penelitian: (1)  rata-rata hasil belajar kewirausahaan  siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran konstektual lebih tinggi daripada  strategi pembelajaran ekspositori, (2) rata-rata hasil belajar kewirausahaan  siswa dengan kecenderungan perilaku agresif  tinggi lebih tinggi daripada perilaku agresif  rendah, dan  (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kecenderungan perilaku agresif  terhadap hasil belajar.

 

Kata Kunci: strategi pembelajaran, kecenderungan perilaku agresif,hasil belajar kewirausahaan

 

Abstract: This research was aimed to: (1) the study of entrepreneurship between the student that taught by contextual   guided  and expository strategies, (2) the achievement of the study of entrepreneurship  between student who had ability of  trends of high aggressive behavior and trends of low aggressive behavior, (3)  interaction between instrucrtonal strategies and the aggressive behavioral tendencies  on the students’ achievement in  the study of entrepreneurship. the population of this research were the eleven grade students of entrepreneurship expert of SMK Negeri Medan. The samples taken by cluster random sampling technique. the techniqe of data analysis was a two way anova at the level of significance  a = 0.05 and and followed by scheffe test. the finding of the research showed that: (1) the students’ achievement in the study of entrepreneurship   that taught by contextual   guided strategy is higher than the students’ achievement that taught by expositoryl strategy,(2) the students’ achievement in the study of entrepreneurship with trends of high aggressive behavior is higher than  low  aggressive, (3) the is interaction between instructional strategy and the trends of  aggressive behavior   on the students’ of entrepreneurship.

Keywords: instructional strategy, aggressive behavioral tendencies, achievement of the study of entrepreneurship

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v6i1.4981

Article Metrics

Abstract view : 66 times
PDF - 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.