STRATEGI PEMBELAJARAN DAN SIKAP MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran matematika realistik lebih tinggi dari strategi pembelajaran langsung; (2) mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang mempunyai sikap matematika tinggi lebih tinggi dari sikap matematika rendah; dan (3) mengetahui apakah terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan sikap matematika siswa terhadap hasil belajar matematika siswa. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2x2, sedangkan teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi a = 0.05. Hasil penelitian diperoleh: (1) hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran matematika realistik lebih tinggi dari hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran langsung, (2) hasil belajar matematika siswa yang memiliki sikap matematika tinggi lebih tinggi dari hasil belajar matematika siswa yang memiliki sikap matematika rendah; dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan sikap matematika siswa terhadap hasil belajar matematika.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran matematika realistik dan Strategi Pembelajaran langsung, sikap matematika, matematika
Abstract: This research was aimed to: (1) determine whether the outcomes of learning mathematics students who learned with realistic mathematics learning strategies is higher than direct instructional strategies, (2) determine whether the results of students' mathematics learning attitudes that have high math higher than attitude lower mathematics, and (3) determine whether there is an interaction between learning strategies and student attitudes toward mathematics student math learning outcomes . Method using a quasi-experimental study with a 2x2 factorial design study , while data analysis techniques using ANOVA two lanes at a significance level of a = 0.05 level . Results were obtained: (1) mathematics learning outcomes of students who learned with the learning strategies of realistic mathematics higher mathematics learning outcomes of students who learned with direct instructional strategies, (2) mathematics learning outcomes of students who have high math attitude is higher than the results of learning mathematics students who have low math attitude, and (3) there is an interaction between learning strategies and student attitudes toward mathematics math learning outcomes .
Keywords : Learning Strategies and Learning Strategies realistic mathematics directly, mathematics attitude,, mathematics
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v6i2.4998
Article Metrics
Abstract view : 187 timesPDF - 99 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.