STUDI DESKRIPTIF KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL DALAM PENDIDIKAN JASMANI DI SMA
Abstract
Abstrak: Penelitian ini disusun dengan tujuan untuk mengetahui keaktifan belajar peserta didik menggunakan media pembelajaran video tutorial pada siswa SMAN 1 Mempawah Hilir dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani, guru wajib menciptakan kondisi yang mengarahkan siswa untuk aktif dalam belajar yaitu dengan strategi yang inovatif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif tentang prilaku aktif belajar anak dalam pembelajaran pendidikan jasmani, yang bertujuan untuk mendeskripsikan keaktifan belajar peserta didik terhadap media pembelajaran video tutorial dalam kelas pendidikan jasmani di SMAN 1 Mempawah Hilir. Metode studi yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Responden dalam penelitian ini merupakan peserta didik kelas XI SMAN 1 Mempawah Hilir.. Pemilihan sampel yaitu dengan metode simple random sampling, yaitu jumlah sampel sebanyak 40 peserta didik. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa berdasarkan angket pernyataan tentang keaktifan belajar terdapat rata-rata persentase dari 6 pernyataan positif sebesar 78%, berdasarkan table kriteria berada pada kategori baik, maka dari itu dapat diambil kesimpulan bahwa siswa kelas XI SMAN 1 Mempawah sebagian besar memiliki prilaku aktif dalam pembelajaran pendidikan jasmani.
Kata kunci : pendidikan jasmani, media pembelajaran video tutorial aktif belajar
Abstract: This study was prepared with the aim of determining the learning activity of students using video tutorial learning media for students of SMAN 1 Mempawah Hilir in participating in physical education learning, teachers are required to create conditions that direct students to be active in learning, namely with innovative strategies. This study is a descriptive research on children's active learning behavior in physical education learning, which aims to describe the learning activity of students towards video tutorial learning media in physical education classes at SMAN 1 Mempawah Hilir. The study method used is a quantitative descriptive method. The respondents in this study were students of grade XI SMAN 1 Mempawah Hilir. Sample selection is by simple random sampling method, which is the number of samples as many as 40 students. In this study, it was found that based on the questionnaire of statements about learning activity, there was an average percentage of 6 positive statements of 78%, based on the table of criteria being in the good category, therefore it can be concluded that grade XI students of SMAN 1 Mempawah mostly have active behavior in physical education learning.
Keywords: physical education, learning media, video tutorials, active learning
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, I (2016) Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa : Jurnal Office, Vol. 2 No.2, 2016
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Chatib (2011).Gurunya Manusia. Kaifa.
Jamil, A. F. (2021). Penerapan Video Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Jones, R., & Riordan, J. (1999). Olahraga dan pendidikan jasmani. London: Routledge.
Linde, B., & Gresse, W. (2014). Kontrak psikologis antisipatif dari mahasiswa manajemen sarjana: Implikasi untuk harapan hak karir awal. London:Peloncat.
Mudjiono. (2011). Belajar dan Pembelajaran. PT Rineke. Cipta.
Nana sudjana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya.
Murti, W (2021). pengaruh perilaku belajar siswa terhadap prestasi belajar ipa biologi siswa kelas viii smpn 4 bantimurung: jurnal binomial vol. 2 no. 1 maret 2019
Nunnally, JC (1994). Teori psikometri 3E, 5. London: Tata McGraw-hill Education.
Pane, A. (2017) belajar dan pembelajaran: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman Vol. 03 No. 2
Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran. Raja Grafindo.
Sugiyono (2017). Metode penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R & D : AlfaBeta
DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v16i2.50904
Article Metrics
Abstract view : 201 timesPDF - 194 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.