PENGEMBANGAN E-MODUL AJAR BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI CAHAYA DAN PENGLIHATAN DI SEKOLAH DASAR

Sri Oktaviani, Aunurrahman ., Haratua Tiur Maria, Indri Astuty, Eny Enawaty

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul berbasis literasi sains materi cahaya dan penglihatan di Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu Dick, Carey & Carey (2015) yang berorientasi pada pendekatan sistem melalui sembilan tahap. Sumber data penelitian ini adalah angket penilaian validator instrument, validator materi, validator media, validator desain, validator bahasa dan validator soal.  Hasil penelitian diperoleh dari angket respon siswa serta nilai pretest dan posttest. E-modul ajar yang dikembangkan terdiri pendahuluan, isi dan penutup. Hasil efektivitas dari nilai prestest dan posttest menunjukkan perbedaan signifikan diperoleh 𝑝 < 0.05, yaitu 0.000 < 0.05. Sedangkan untuk respon peserta didik adalah 3,59 dari rata-rata maksimal 4,00 dapat dikategorikan sangat sehingga dapat disimpulkan efektif e-modul ajar berbasis literasi sains pada materi cahaya dan penglihatan di Sekolah Dasar.

 

Keywords: Pengembangan, E-Modul, Literasi Sains, Cahaya dan Penglihatan

 

Abstract: This study aims to produce science literacy based teaching e-modules of light and vision in elementary schools. The research method used is Dick, Carey & Carey (2015) which was oriented towards a systems approach through nine stages. The data sources for this research were questionnaires for assessing instrument validators, material validators, media validators, design validators, language validators and question validators. The research results were obtained from student response questionnaires pretest and posttest scores. The developed e-module consists of introduction, content and closing. The effectiveness results from the pretest and posttest values show a significant difference obtained 𝑝 < 0.05, namely 0.000 < 0.05. As for the student response, it was 3.59 out of a maximum average of 4.00 which can be categorized as very high so that it can be concluded that the science literacy based teaching e-modules of light and vision in elementary schools was effective.

 

Kata Kunci: Development, E-Module, Scientific Literacy, Light and Vision

Full Text:

PDF

References


Anas, M., Muchson, M., Sugiono, & Forijati, Rr. (2021). Pengembangan kemampuan guru Ekonomi di Kediri melalui kegiatan pelatihan asesmen kompetensi minimum (AKM). Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol. 1 No. 1, Hal. 48-57

Buchori, A., & Rahmawati, N. D., (2017). Pengembangan E-Modul Ajar geometri dengan pendekatan matematika realistik di sekolah dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan. Vol. 26 No. 1, Hal 23–29.

Dick, W and L. Carey, J. O. Carey. (2015). The systematic design of instruction 8th Ed.United State of America: Pearson Education.

Haspen, C. D,. Syafarani., & Ramli. (2021). Validitas E-Modul Fisika SMA Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Etnosains untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Eksakta Pendidikan. Vol. 5 No. 1, Hal 95-101.

Isti, L.A., Agustiningsih., & Wardoyo, A. A. (2020). Pengembangan Media Video Animasi Materi Sifat-Sifat Cahaya Untuk Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 4 No. 1, Hal. 21-28

Istikomah, Purwoko, R. Y., & Nugraheni, P. (2020). Pengembangan E-Modul Ajar matematika berbasis realistik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 63–71.

Kusumaryono, R. S. (2020, 2 18). Merdeka Belajar. Retrieved from Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan: https://gtk.kemdikbud.go.id/readnews/merdeka-belajar

Sugiyono. (2016). Metode penelitian & pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Qomaliyah. E. N., Sukib. S., & Loka, I. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Literasi Sains Terhadap Hasil Belajar Materi Pokok Larutan Penyangga. Jurna Pijar Mipa. Vol. 11 No. 2. September 2016: 105-109.

Sari, P. K., & Sutihat. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis STEAM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. JPSI Vol. 10 No. 3, Hal 509-526.

Syofyan, H., & Amir, T. L. (2019). Penerapan Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA Untuk Calon Guru SD. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 10 No. 2, Hal 35-43.

Yuyu, M. (2017). Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas. Vol. 3 No.2, Hal. 21-28

Widiastuti, C. T., Puspitasari, W., & Setiawan, I. N. (2022). Dampak Pandemi Covid-19pada Umkm di Kota Semarang. Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi. Vol. 20 No. 3, Hal. 236-242.




DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v16i2.50905

Article Metrics

Abstract view : 127 times
PDF - 111 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.