PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIG BOOK TEMA 6 SUB TEMA 2 HEBATNYA CITA-CITAKU PEMBELAJARAN 2 KELAS IV SDN 067690 MEDAN JOHOR

Annisa Adinda Putri Harahap, Septian Prawijaya

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui validitas media pembelajaran Big Book 2) mengetahui praktikalitas media pembelajaran Big Book 3) mengetahui efektifitas media pembelajaran Big Book. Jenis penelitian yang digunakan R&D dengan model pengembangan 4D yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Subjek penelitian ini sebanyak 25 siswa/i  Kelas IV-B SD Negeri 067690 Medan Johor. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini persentase ahli materi 96,17% dinyatakan “Sangat Layak”  dan persentase validasi ahli media 89,43 % dinyatakan “Sangat Layak”. Praktikalitas dengan persentase 98% dinyatakan “Sangat Praktis”. Efektivitas N-Gain skor diperoleh sebesar 0,76 atau g>0,7 dan N-Gain Skor Persen 76,01% dinyatakan “Efektif”. Dapat disimpulkan media pembelajaran Big Book yang dikembangkan peneliti sangat layak, sangat praktis, sangat efektif digunakan pada Tema 6 Cita-citaku Sub Tema 2 Hebatnya Cita-Citaku Pembelajaran 2 Kelas IV SDN 067690 Medan Johor T.A 2022/2023.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Big Book, 4D.

 

Abstract: This study aims to 1) determine the validity of Big Book learning media 2) determine the practicality of Big Book learning media 3) determine the effectiveness of Big Book learning media. The type of research used is R&D with the 4D development model, namely Define, Design, Develop, and Disseminate. The subjects of this study were 25 students in Class IV-B of SD Negeri 067690 Medan Johor. Data collection techniques using questionnaires, tests, and documentation. Data analysis techniques using qualitative and quantitative approaches. The results of this study are the percentage of material experts 96.17% declared "Very Feasible" and the percentage of media expert validation 89.43% declared "Very Feasible". Practicality with a percentage of 98% is declared "Very Practical". The effectiveness of the N-Gain score obtained was 0.76 or g>0.7 and the N-Gain Percent Value of 76.01% was declared "Effective". It can be concluded that the Big Book learning media developed by researchers is very feasible, very practical, very effective to use on Theme 6 My Ideals Sub Theme 2 Great My Ideals Learning 2 Class IV SDN 067690 Medan Johor T.A 2022/2023.

 

Keywords: Development, Big Book, 4D

Full Text:

PDF

References


Afifah, A. (2020). Pengembangan E-Modul Pada Mata Kuliah Kompetensi Pembelajaran Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pensil, 09(2), 122–129.

Anggraini, Amelia., D. (2021). Pengembangan Media Big Book Untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas 3 Sekolah Dasar. Ilmiah Aquinas, 4(2), 275–285.

Arikunto. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.

Astuti, Noviana Hadi., D. (2019). Pengembangan Media Big Book Tema Kewajiban dan Hakku. Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 105–111.

Faisal, Gandamana, A., & Andayani, T. (2018). Penguatan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran Tematik Sebagai Upaya Optimalisasi Kurikulum 2013 di SD Kecamatan Deli Tua Kabupaten Deli Serdang. Pengabdian Kepada Masyarakat, 24(1), 544–550.

Fatriani, A. (2018). Pengembangan Media Big Book Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Dengan Metode Suku Kata. Joyful Learning, 7(1), 1–9.

Frasandy, R. N. (2017). Pembelajaran Tematik Integratif Model Integrasi Mata Pelajaran Umum SD/MI Dengan Nilai Agama. Elementary, 5(2), 303–355.

Gandamana, A., & Marisa. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Animaker Pada Pembelajaran Tema 3 Sub Tema 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan Di Kelas 5 SD Negeri 10 Rantauprapat. Elementary School Journal, 11(3), 213–221.

Hamid, Mustofa Abi., D. (2020). Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Hasan, Muhammad., D. (2021). Media Pembelajaran. Tahta Media Group.

Hidayat, R., & Abdillah. (2019). Ilmu Pendidikan Konsep, Teori dan Aplikasinya. Lpppi.

Hilaliyah, T., & Wahid, F. I. (2020). Pengembangan Media Big Book Berbasis Budaya Banten Untuk Meningkatkan Literasi Membaca Sastra Siswa Kelas Awal. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 3(1), 84–96.

Ikhsani, Siti Rahimah., D. (2023). Karakteristik Pembelajaran Tematik Yang Ideal Pada Sekolah Dasar. Student Scientific Creativity Journal, 1(1), 290–295.

Khoirina, A., & Arsanti, M. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Prosiding Senada, 992–997.

Lubis, F. C. (2022). Pengembangan Media Big Book Pada Pembelajaran Tematik di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 163080 Tebing Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1(1), 265–274.




DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v16i2.50906

Article Metrics

Abstract view : 102 times
PDF - 59 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.