PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN MATERI HIDROSFER MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Rohimah ., Aunurrahman ., Indri Astuti

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) desain pengembangan video animasi pembelajaran materi hidrosfer mata pelajaran geografi di Sekolah Menengah Atas. (2) Profil Β video animasi pembelajaran materi hidrosfer mata pelajaran geografi di Sekolah Menengah Atas. (3) Efektifitas pembelajaran dengan menggunakan media video animasi materi hidrosfer mata pelajaran geografi di Sekolah Menengah Atas. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut digunakan metode Research and Development (R&D) model pengembangan ADDIE. Dengan model pengembangan ADDIE maka penelitian dilakukan melalui tahap-tahap (1) Analyze, (2) Design, (3) Develop, (4) Implement, dan (5) Evaluate. Penelitian ini dilakukan di SMAN 2 Sungai Raya pada kelas X IIS 2 berjumlah 33 orang siswa. Media pembelajaran video animasi yang dikembangkan divalidasi oleh 6 orang ahli dengan kategori sangat valid. Analisis data uji empiris pada siswa kelas X IIS 2 SMAN 2 Sungai Raya menunjukkan sikap siswa sangat positif pada pembelajaran geografi materi hidrosfer menggunakan media pembelajaran video animasi dengan rata-rata 94,26%. Adapun rata-rata hasil pretest yaitu 55, 15 dan nilai rata-rata posttest sebesar 77,72 terdapat peningkatan sebelum dan sesudah menggunakan video animasi. Uji efektivitas media dengan kriteria sikap siswa terhadap video animasi dan nilai pretestΒ­ Β­- posttest yang melibatkan 33 orang siswa terdapat perbedaan yang signifikan dengan nilai uji t sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan video animasi. Nilai π‘‘β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” > π‘‘π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™(15,34) > (1,45), sedangkan untuk uji effect size dilakukan untuk mengetahui tingkat keefektifan dalam media pembelajaran video animasi dengan nilai sebesar 2,79 dengan kategori strong effect. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka pembelajaran video animasi untuk mata pelajaran geografi Sekolah Menengah Atas dapat diterapkan untuk materi yang relevan pada pembelajaran geografi di kelas X IIS Sekolah Menengah Atas.

Β 

Kata Kunci: Video Animasi, Geografi, Materi Hidrosfer

Β 

Abstract: This research aims to determine (1) the design for developing animated videos for learning hydrosphere material in high school geography. (2) Animated video profile of learning hydrosphere material for high school geography. (3) The effectiveness of learning using animated video media on the hydrosphere in high school geography. To reach the research objectives, it was used he Research and Development (R&D) method used for the ADDIE development model. With the ADDIE development model, the research was carried out through the stages (1) Analyze, (2) Design, (3) Develop, (4) Implement, and (5) Evaluate. This research was conducted at SMAN 2 Sungai Raya in class X IIS 2 with totaling 33 students. The animated video learning media that was developed, was validated by 6 experts with a very valid category. Analysis of empirical test data on class X IIS 2 SMAN 2 Sungai Raya showed Students' attitudes were very positive in learning geography, hydrosphere material using animated video learning media with an average of 94.26%. The average pretest result was 55.15 and the average posttest score was 77.72, there was an increase before and after using the animated video. Testing the effectiveness of the media using the criteria for students' attitudes towards animated videos and pretest - posttest scores involving 33 students. There is a significant difference with the value of t sig (2-tailed) test of 0.000 < 0.05 indicating there is a difference in student learning outcomes before and after using animated video.The value of π‘‘β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” > π‘‘π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™(15,34) > (1,45), Β meanwhile the effect size test was carried out to determine the level of effectiveness in animated video learning media with a value of 2.79 in the strong effect category. Based on the results of this research, animated video learning for the subject can be applied to material that is relevant to geography learning in class X IIS.

Β 

Keywords: Animated Video, Geography, Hydrosphere Material


Full Text:

PDF

References


Annurahman. (2014). Belajar dan Pembelajaran . Bandung Alfabeta.

Azhar Arsyad. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Aulia, A. (2020). Tantangan Guru Dalam Proses Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. (2021). 1 (44-45). p-ISSN : 2716-3377, e-ISSN : 2721-9364.

Borg, W.R dan Gall, M.D. (1989). Educational Research Introduction. Fifth Edition. New York & London: Longman Breckenridg.

Chen, I. (2011). Instructional Design: Concepts, Methodologies, Tools and Aplications. USA: Information Resources Management Association.

Cohen, J. (1988). Statistical Power Analysis for the Behavioral Sciences (2nd ed.) Hillsdale N.J.: L. Erlbaum Associates.

Hamdani & dkk, (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019. Edu Riligia, 4(2),150-158.

Hikamsyah, M. G. (2019). Pengembangan Media Video Animasi Pada Materi Mitigasi Dan Adaptasi Bencana Alam Dalam Mata Pelajaran Geografi (http://mulok.library.um.ac.id/index3.php/97924.html, diakses pada tanggal 5 maret 2021).

Ideari, H., E. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Stop Motion Untuk Pembelajaran Sejarah diakses pada tanggal 17 April 2021).

Johari, Andriana., &dkk. (2014). Penerapan Media Video Dan Animasi Pada Materi Memvakum Dan Mengisi Refrigeran Terhadap Hasil Belajar Siswa. 1(1), https://ejournal.upi.edu/index.php/jmee/article/viewFile/3731/2653,

Makarim, N., A. (2020) Surat Edaran Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pencegahan Corona Virus Disease (Covid-19) Pada Satuan Pendidikan.

Mering, A. (2020) Pengembangan Instrumen Penilaian dan Penelitian. Pontianak: IAIN Pontianak Press.

Sonia. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Materi Tata Surya Mata Pelajaran Geografi di Sekolah Menegah Atas

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Madani.

Zainuddin , M. L. G. (2020). Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Studi Islam, 1(1), 1-93.




DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v16i2.50908

Article Metrics

Abstract view : 146 times
PDF - 191 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Β Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under aΒ Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.