PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI LAYANAN INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SMP NEGERI 4 PONTIANAK

Sarbuansyah Liandi, Aunurrahman ., Indri Astuti

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) desain pengembangan media video animasi layanan informasi untuk meningkatkan motivasi belajar. (2) Profil video animasi layanan informasi untuk meningkatkan motivasi belajar.(3) Respons peserta didik terhadap video animasi layanan informasi untuk meningkatkan motivasi belajar. (4) Peningkatan motivasi peserta didik sesudah diberi perlakuan (video animasi). Metode penelitian  ini menggunakan metode research and development dan dimodifikasi dengan desain model Dick and Carey. Penilaian hasil validasi ahli materi rata-rata 4,4 dengan kategori valid, ahli desain rata-rata 4,2 dengan kategori valid dan ahli media rata-rata 4,9 dengan kategori valid. Hal ini menunjukkan pembelajaran bimbingan dan konseling berbasis video animasi memenuhi kriteria kelayakan dengan respon rata-rata total dari ahli sangat baik. Uji coba satu-satu dilakukan dengan 3 orang peserta didik yaitu rata-rata respon peserta didik yang diperoleh sebesar 89,1%, menunjukkan respon peserta didik terhadap produk dinyatakan sangat positif (sangat baik). Uji coba kelompok kecil dengan 9 peserta didik yaitu rata-rata respon peserta didik yang diperoleh sebesar 88,1%, menunjukkan respon peserta didik terhadap produk dinyatakan sangat positif (sangat baik). Selanjutnya uji coba kelompok besar dengan 30 peserta didik rata-rata respon peserta didik yang diperoleh sebesar 86,5 %, menunjukkan respon peserta didik terhadap produk dinyatakan sangat positif (sangat baik). Perolehan hasil peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan media dapat dilihat dari rata-rata nilai pre test dan post test menjadi sangat baik diatas nilai kriteria ketuntasan minimal. Peningkatan nilai hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari uji T dua sampel berpasangan yang menunjukan nilai t hitung lebih > t tabel (13.20697 > 0,8374). Hasil perolehan belajar peserta didik masuk dalam kategori tinggi. Penelitian ini dapat diterima dan layak digunakan karena memiliki hasil perolehan belajar yang tinggi terhadap peningkatan motivasi belajar peserta didik di SMP Negeri 4 Pontianak.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Media Video Animasi, Motivasi Belajar

 

Abstract: This research aims to describe (1) the design of development information service animation  video media to increase learning motivation. (2) Information service animation video profile to increase learning motivation. (3) Student response of information service animation video to increase learning motivation. (4) Increasing motivation of students after being given treatment (animated video). The method of this research  uses the research and development method and it is modified with the Dick and Carey model design. Assessment of the validation results of material experts on average 4.4 with a valid category, design experts on average 4.2 with a valid category and media experts on average 4.9 with a valid category. It is indicates that  guidance and counseling learning based on video animation meets the eligibility criteria with a total average response from experts is very good. The one-on-one trial was carried out with 3 students, namely the average student response obtained was 89.1%, it shows the student's response to the product was stated to be very positive (very good). Small group trials with 9 students, namely the average student response obtained was 88.1%, it shows the student's response to the product was stated to be very positive (very good). Furthermore, the large group trial with 30 students, the average student response obtained was 86.5%, it shows  the student response to the product was stated to be very positive (very good). The result of the students before and after using the media can be seen from the average pre-test and post-test scores being very good above the minimum completeness criteria. The increasing  of students’ learning outcomes can be seen from the two-sample t-test in pairs which shows that the t-value is more than t-table (13.20697 > 0.8374). The learning outcomes of students are included in the high category. This research can be achieved and suitable to use because it has high learning outcomes to increase the students’ learning motivation at SMP Negeri 4 Pontianak..

 

Keywords: Development, Animation Video Media, Learning Motivation


Full Text:

PDF

References


Aisyah., et al panjitan, R.G.P dan Marlina, R. (2016). Respon Siswa Terhadap Media E-Comic Bilingual Sub Materi Bagian-Bagian Darah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 5 (3): 1-12.

Andi, Prastowo. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Benny, A. Pribadi. (2018). Konsep Esensial 21 Dalam Teknologi Pendidikan. Jakarta: Dian Rakyat.

Creswell, John W. (2013). Research Design. Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dick, W and L. Carey, J. O. Carey. (2015). The systematic design of instruction 8th Ed.United State of America: Pearson Education.

Hikmawati, Fenti. (2016). Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rajawali Pers.

Irawan Khabibah. (2018). Pengembangan Media Booklet Dalam Pembelajaran Ikatan Kimia Pada Mata Pelajaran Kimia Sekolah Menengah Atas. Pontianak: FKIP Universitas Tanjungpura.

Kusuma, Anggar Dianita & Wening Sri. (2014). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Untuk Pencapaian Kompetensi Menggambar Proporsi Tubuh Melalui Metode Peer Teaching. Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 4 no. 1.

Kusumawardani, Layla Mega. Prihandono, T & Ayu, Kusuma Firdha (2022). Analisis Respon Peserta Didik Terhadap Media Video Animasi Menggunakan Sparkol Videoscrabe Materi Fluida Dinamis. Universitas Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol. 11 No. 1.

Mahmud, Eka Muhammad. (2020). Teknologi Pendidikan Konsep Dasar & Aplikasi. Samarinda: Mulawarman University Press.

Marhani dkk. Pengembangan Media Video Untuk Perolehan Belajar Konsep Norma-Norma Kehidupan Pada Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Program Studi Teknologi Pendidikan FKIP Untan Pontianak.

Permana, dkk. (2017). Video Profil Sebagai Sarana Promosi Efektif Dalam Menunjang Eksistensi Program Studi Manajemen Informatika. Universitas Pendidikan Ganesha Bali, Indonesia. Vol. 6, No. 2.

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Pengembangan Research And Development. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v16i2.50909

Article Metrics

Abstract view : 114 times
PDF - 69 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.