PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS LITERASI DIGITAL BAHASA ARAB PADA MATERI JAM KELAS 8 DI MADRASAH TSANAWIYAH

Muhammad Wahid Hasyim, Indri Astuty, Eny Enawaty

Abstract


Abstract: This research aims to produce Arabic digital literacy-based e-modules on class 8 clock material at Madrasah Tsanwiyah. The research method used is the ADDIE model which is oriented towards a system approach through five stages. Research data sources. The sources of research data are interviews, questionnaires of validator assessments of material experts, instruments, media, design, language and questions.  The results of the study were obtained from student response questionnaires. The developed teaching e-module consists of introduction, content and cover. The effectiveness results of the prestest and posttest scores show a significant difference obtained 𝑝 < 0.05, namely 0.001 < 0.05. As for the students' response is 3.6 from the maximum average of 4.00, it can be categorized as very to be able to conclude that teaching is effective e-modules based on Arabic digital literacy on the material of class 8 Clock of madrasah Tsanawiyah.

 

Keywords: Development, E-Module, digital literacy, Clock

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul berbasis literasi digital bahasa Arab pada materi jam kelas 8 di Madtasah Stanawiyah. Metode penelitian yang digunakan yaitu model ADDIE yang berorientasi pada pendekatan sistem melalui lima tahap. Sumber data penelitian. Sumber data penelitian adalah wawancara, angket penilaian validator Ahli materi, instrument, media, desain, bahasa dan soal.  Hasil penelitian didapat dari angket respon siswa. E-modul ajar yang dikembangkan terdiri pendahuluan, isi dan penutup. Hasil efektivitas dari nilai prestest dan posttest menunjukkan perbedaan signifikan diperoleh 𝑝 < 0.05, yaitu 0.001 < 0.05. Sedangkan untuk respon peserta didik adalah 3,6 dari rata-rata maksimal 4,00 dapat dikategorikan sangat sehingga dapat disimpulkan efektif e-modul ajar berbasis literasi digital bahasa arab pada materi jam kelas 8 madrasah Tsanawiyah.

 

Kata Kunci: Pengembangan, E-Modul, Literasi digital, Cahaya dan Penglihatan


Full Text:

PDF

References


Benny A. Pribadi., (2021). Esensi Model desain Sistem Pembelajaran Menciptakan Pembelajaran Sukses. Rajawali Pers. Depok. 203 hlm.

Depag, ”Pola Pengembangan Pondok Pesantren” Jakarta: Direktorat Jendral Kelembagaan Agama Islam, 2003, 56-60. In Dr. Muwahid Sulhan,M.Ag. (ed.) Managemen Pendidikan Islam, Depok Sleman, Yogyakarta : Teras, 2013.

Erlangga. 2019. Apa itu Industri 4.0 dan bagaimana Indonesia menyongsongnya https://www.kominfo.go.id/content/detail/16505/apa-itu-industri-40-dan-bagaimana-indonesia-menyongsongnya/0/sorotan_media. Yang diakses tanggal Juli 2023.

Karel A.Strenbrin,. Beberapa Aspek tentang Islam di Indonesia Abad ke 19, Jakarta : Bulan Bintang, 1984,. Dalam Mujamil Qomar,. Pesantren dari tranformasi Metodologi Menuju Demokrasi. Penerbit Erlangga, 2005.

Kemenag. 2022. Kemenag Rilis Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Multimedia https://kemenag.go.id/nasional/kemenag-rilis-media-pembelajaran-bahasa-arab-berbasis-multimedia-myliuq. Yang diakses tanggal Juli 2023.

Lukman Solihin, M.A., Indah Pratiwi, M.Si. Dll. (2020). Mengukur Capaian Program Gerakan Literasi Sekolah Merumuskan Instrumen Evaluasi untuk Memajukan Literasi. Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta. 106 hlm.

Masrukhin. 2020. Buku Siswa Bahasa Arab Kelas VIII MTs. Jakarta: Direktorat KSKK Madrasah

M. Mahmudah.(2021). Penerapan Literasi Digital Dalam Pembelajaran Bahasa Arabdi Madrasah Ibtidaiyah Negeri 9 Banjar. journal.stitdarulhijrahmtp.ac.id. Vol. 8 No.3, Hal. 3.

Muarifatul Maulidiana, Nasirudin. (2020). Development Of module Media in learning Arabic for clas X student of MAN Ngawi. Al mahara jurnal pendidikan bahasa Arab, Vol, 6 No 2.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Taufik Rusmana, (2021). Model Pembelajaran ADDIE Integrasi Pedati SMK PGRI karisma Bangsa sebagai pengganti PKL dimasa Pandemi Covid-19. Widina Bhakti Persada. bandung. 52 hlm.




DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v17i1.57393

Article Metrics

Abstract view : 79 times
PDF - 56 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.