PENGARUH STRATEGI PROBLEM-BASED LEARNING DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA DI SD NEGERI KECAMATAN IDANOGAWO KABUPATEN NIAS TAHUN AJARAN 2022/2023

Lianus Zebua, Efendi Napitupulu, Maximus Gorky Sembiring, Syahril .

Abstract


Abstract: The aim of this research is to analyze the influence of Problem-Based Learning (PBL) strategies and interest in learning on science learning outcomes. Data were analyzed using two-way ANOVA, 2×2 factorial with questionnaire instruments, a valid and reliable test. The results of the study: (1) There is an influence of the PBL strategy on science learning outcomes. The science learning outcomes of students who were taught using the PBL strategy were higher, compared to students who were taught with the expository learning strategy; (2) There is an influence of learning interest on science learning outcomes. (3) There is an interaction between PBL strategies and learning interest on science learning outcomes.

 

Keywords: Learning Outcomes, PBL Strategies, Expository Learning Strategies.

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh strategi Problem-Based  Learning (PBL) dan minat belajar terhadap hasil belajar IPA. Data dianalisis dengan  ANAVA dua jalur, faktorial 2×2 dengan instrumen angket, tes yang valid dan reliabel. Hasil penelitian: (1) Terdapat pengaruh strategi PBL terhadap hasil belajar IPA.  Hasil belajar IPA siswa yang diajarkan dengan strategi PBL lebih tinggi, dibandingkan siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori. (2) Terdapat pengaruh minat belajar  terhadap hasil belajar IPA. (3) Terdapat interaksi antara strategi PBL dan minat belajar terhadap hasil belajar IPA.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Strategi PBL, Strategi Pembelajaran Ekspositori.

Full Text:

PDF

References


Agustin, N. V. (2013). Peningkatan dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem-Based Learning. Journal of Elementary Education, 2.

Alfianiawati, D. N. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Problem-Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS di Kelas V SD. e-Jurnal Inovasi Pembelajaran SD, 1-10.

Amir, M.T. (2009). Inovasi Pendidikan Melalui Problem-Based Learning. Jakarta: Prenada Media.

Ariawan, I. P. (2019). Latihan Lebih Giat Menggunakan Metode Drill dalam Pembelajaran Ekspositori untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas VI SD Negeri 2 Tukadmungga. Daiwi Widya Jurnal Pendidikan, Vol. 06, No. 1, 103-116.

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Asrifah, A. A. (2020). Pengaruh Model Problem-Based Learning Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V SDN Pondok Pinang 05. Jurnal Buana Pendidikan, 183-193.

Aunurrahman. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Dantes, Nyoman. (2012). Model Penelitian. Yogyakarta: Andi.

Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Dewana, A. (2017). Pengaruh Model Problem-Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA.

Dewi, R.E. (2018). Metode Pembelajaran Modern dan Ekspositori pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 2, 44-52.

Djamarah. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djonomiarjo, T. (2018). Pengaruh Model Problem-Based Learning. Jurnal Pendidikan Nonformal AKSARA, 39-46.

Fogarty. (1997). Problem-Based Learning. United States: Corwin Pr.

Gunantara, Suarjana, Nanci. (2014). Penerapan Model Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2.

Harnitayasri, dkk. (2015). Efektivitas Model Pembelajaran Problem-Based Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan di Kelas X SMA Negeri 2 Polewali. Jurnal Bionature, 16.

Jonassen, D.H. (2011). Learning to solve problems: A handbook for designing problem solving environments. New York: Routledge.

Khotimah. (2019). Pengaruh Model Problem-Based Learning terhadap Hasil Belajar PKn Siswa. Jurnal Kajian Teknologi, 158-165.

Komari. (2015). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua dan Minat Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pujangga, 1.

Mahmudi, dkk. (2013). Penerapan Lesson Study Menggunakan Model Problem-Based Learning dalam Pembelajaran Fisika di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Jember.

Makulua, Sulton M. (2016). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual dan Gaya Berpikir Terhadap Hasil Belajar Sosiologi. Jurnal Pendidikan Teori Penelitian dan Pengembangan, 1.

Massa, N.M. (2008). Problem-Based Learning: A real world outdote to the standards and testing regime. The New England Journal of Higher Education, 19-20.

Moleong, L. J. (2000). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif.

Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Muhibbin, S. (2006). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Musyarrofah. (2005). Hubungan Antara Minat menjadi Guru dengan Prestasi Belajar dalam Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Mutakin, T.Z., Sumiati. (2011). Pengaruh penggunaan media belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Formatif, 70-81.

Nofziarni. (2019). Pengaruh Model Problem-Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu.

Pasaribu, M. (2019). Pengaruh Strategi Pembelajaran (Kooperatif Model

STAD dan Ekspositori) terhadap Perolehan Belajar IPA Fisika Siswa Kelas IX yang Memiliki Tingkat Perkembangan Kognitif yang Berbeda. Jurnal Belantika Pendidikan, 2,19-28.

Pongantung, dkk. (2020). Strategi Pembelajaran Model Blended Learning Solusi Keterbatasan Dosen. Indonesia Journal of Learning Education and Counseling, 3, 19-25.

Purwanto, N. (2011). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rahardjo. (2010). Pengaruh strategi pembelajaran (tematik versus ekspositori) dan gaya kognitif terhadap prestasi belajar siswa kelas III Sekolah Dasar. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Rideout, E. (2006). Pendidikan Keperawatan Berdasarkan Problem-Based Learning. Jakarta: Buku kedokteran EGC.

Riska. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Langsung untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Tema Peristiwa di Sekolah Dasar. Jurnal PGSD, 2.

Rohim. (2011). Pengaruh Minat Belajar Terhadap

Prestasi Belajar Siswa Pada Bidang Studi PAI. UIN Syarif

Hidayatullah Jakarta.

Rusmono. (2014). Strategi Pembelajaran dengan Problem-Based Learning Itu Perlu. Bogor: Ghalia Indonesia.

Safriadi. (2017). Prosedur Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Ekspositori. Jurnal Mudarrisuna, Vol. 7, No. 1, 47-65.

Samatowa, U. (2011). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks.

Sardiman. (2000). Interaksi dan Minat Belajar Mengajar, Jakarta: CV. Rajawali.

Satori, dkk. (2009). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Savin B.M. & Major, C.H. (2004). Foundations of Problem-Based Learning. New York: McGraw-Hill.

Siagian, R. (2012). Pengaruh minat dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar matematika. Jurnal Formatif, 122-131.

Slameto, M. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yangMemengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2005). Penilaian Hasil Proses BelajarMengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2008). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Susilo, A.B. (2012). Pengembangan Strategi Pembelajaran IPA Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Berpikir Kritis Siswa SMP. Journal of Primary Educational, 1, 57-63.

Tan, O.S. (2003). Students Experiences in Problem-Based Learning: Innovations in Education and Teaching International. Singapore: Thomson Learning.

Uden, L. & Beaumont, C. (2006). Technology and Problem-Based Learning. Hershey, PA: Information Science Publishing.

Ulya, U. (2012). Pengaruh Minat Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV dan V pada MI Riyadlotul Ulum Kunir Kecamatan Dempet Kabupaten

Demak Tahun Ajaran 2011/2012. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Salatiga.

Uno, H.B. (2010). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Wena, M. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: PT. Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v17i1.57394

Article Metrics

Abstract view : 194 times
PDF - 71 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.