PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN ENERGI DAN USAHA KELAS X DI SMKN 1 BATU AMPAR

Yuli Sri Pratiwi, Indri Astuti, Eny Enawaty

Abstract


Abstract.  This research aims to develop E-Module teaching material products for Class X Energy and Business Materials at SMKN 1 Batu Ampar. Energy and work material is the main subject matter in the E-Module teaching materials developed by researchers. The research method used is research and development (Research and Development) with the Analysis-Design-Development-Implementation Evaluation (ADDIE) development design model. This research is divided into two, namely the development subject, the first is an expert to measure the feasibility of the product in terms of design, materials and media and the second is the subject of student learning outcomes to determine the effectiveness of the product being developed. A total of 30 class X vocational school students were included in the evaluation of the products being developed. Collecting data using a questionnaire looks at learning outcomes through pretest and posttest. The research results obtained: (1) The design of the E-Module for Energy and Business teaching materials was developed using the ADDIE design model. The E-Module design was validated by three experts including validation of design, materials and media. The validation results obtained an average score of 4.05 which was categorized as very valid; material 4.11 which is categorized as very valid; and media 3.7 which is categorized as valid. (2) The media profile developed is the E-Module teaching material for Energy and Business Materials for Class Cohen found that the effect size value was 1.8, which means it is relatively high.

 

Keywords: ADDIE models; E-Module; Energy and Work

 

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk bahan ajar E-Modul Materi Energi dan usaha Kelas X di SMKN 1 Batu Ampar. Materi energi dan usaha menjadi materi pokok utama dalam bahan ajar E-Modul yang dikembangkan oleh peneliti. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model desain pengembangan Analysis-Desain-Development-ImplementasiEvaluasi (ADDIE). Dalam penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu subjek pengembangan yang pertama adalah ahli untuk mengukur kelayakan produk dari sisi desain, materi dan media serta yang kedua adalah subjek hasil belajar siswa untuk mengetahui efektivitas dari produk yang dikembangkan. Sebanyak 30 peserta didik SMK kelas X diikutsertakan dalam pelaksanaan evaluasi produk yang dikembangkan. Mengumpulkan data dengan menggunakan kuesioner dilihat dari hasil belajar melalui pretest dan posttest. Hasil penelitian diperoleh: (1) Desain media bahan ajar E-Modul Materi Energi dan usaha dikembangkan menggunakan model desain ADDIE. Desain E-Modul divalidasi oleh tiga orang ahli mencakup validasi desain, materi dan media. Hasil validasi diperoleh rata-rata skor adalah 4,05 yang dikategorikan sangat valid; materi 4,11 yang dikategorikan sangat valid; dan media 3,7 yang dikategorikan valid. (2) Profil media yang dikembangkan adalah bahan ajar E-Modul Materi Energi dan usaha Kelas X. (3) Efektivitas E-Modul diambil dari hasil evaluasi pengguna yaitu hasil belajar siswa yang mencapai nilai ratarata posttest yaitu 73,33 serta diuji menggunakan effect size Cohen didapati nilai effect size adalah 1,8 yang artinya tergolong tinggi.

 

Kata Kunci: Model ADDIE; E-Modul; Energi dan Usaha 

Full Text:

PDF

References


Aunurrahman. (2019). Penelitian Kualitatif dan Kuanitatif. Fahruna Bahagia. Bandung Alfabeta.

Imansari, N., & Sunaryatiningsih, I. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Pada Materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 11-16.

Prastowo, A. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. In Unp press penerbit UNP press padang. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri

Rusdi. 2018. Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan. Depok : PT Rajagrafindo Persada.

Setyosari, Punanji. 2020. Desain Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara Sinar Grafika Offset.

Suryani, Nunuk dkk. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Muanley, Yonas. 2018. Pengertian Efektivitas Pembelajaran. https://www.blogger.com/profile/0993504

Nugraha, A., Subarkah, C., & Sari. (2015). Penggunaan E-Module Pembelajaran Pada Konsep Sifat Koligatif Larutan Untuk Mengembangkan Literasi Kimia SIswa. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains, 201-204.

Winatha, K. R., Suharsono, N., & Agustin, K. (2018). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 188-199.




DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v17i1.57396

Article Metrics

Abstract view : 37 times
PDF - 30 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.