PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS IV SD NEGERI KECAMATAN SEI KEPAYANG BARAT

Zulkifli ., Ayi Darmana, Endang Wahyuningrum

Abstract


Abstract: This research aims to analyze the influence of the guided inquiry learning model on students' mathematical critical and creative thinking abilities. This research problem focuses on the effect of applying the guided inquiry model on the mathematical critical and creative thinking abilities of fourth grade elementary school students compared to applying the direct learning model. The research was conducted on fourth grade students at SD Negeri 010015 Sei Serindan, Kecamatan Sei Kepayang Barat, with a research sample of 2 classes determined using the cluster random sampling technique. The research instrument tests students' critical thinking and creative mathematical thinking skills in the form of essays. The research data were analyzed using the one-way MANOVA technique. The results of the research show that: (1) there is an influence of the guided inquiry learning model on students' mathematical critical thinking abilities; (2) there is an influence of the guided inquiry learning model on students' mathematical creative thinking abilities; and (3) there is an influence of the guided inquiry learning model simultaneously on students' critical thinking and creative mathematical thinking abilities.

 

Keywords: Guided Inquiry, Critical Thinking, Creative Thinking, Mathematics.

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis siswa. Masalah penelitin ini difokuskan pada pengaruh penerapan media berbasis inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis siswa dibandingkan dengan penerapan model pembelajaran langsung. Penelitian dilakukan pada siswa kelas IV SD Negeri 010015 Sei Serindan, dengan sampel penelitian sebanyak 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Intrumen penelitian tes kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif matematis siswa dalam bentuk uraian (essai). Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik MANOVA satu jalur. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh media pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa; (2) terdapat pengaruh media pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa; dan (3) terdapat pengaruh media pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing secara simultan terhadap kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif matematis siswa.

 

Kata Kunci: Media, Inkuiri Terbimbing, Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif, Matematika

Full Text:

PDF

References


Andiyana, M. A., Maya, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI), 1(3), 239–248.

Charolina, H. F., Susanta, A., Muchlis, E. E., & Utari, T. (2021). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 5(3), 347–358.

Djam’an, N., Arwadi, F., & Amini, N. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Ditinjau dari Self esteem. Issues in Mathematics Education, 7(1), 44–53.

Gaol, Y. M. L., & Darmana, A. (2022). Pengaruh Multimedia Lectora Inpire pada Pembelajaran Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Termokimia. Jurnal Sains Riset (JSR), 12(1), 38–43.

Harahap, A. S., Hia, E. K. K., & Nugraha, A. W. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Metode Komputasi pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(6), 683–690.

Jahro, I. S., Darmana, A., & Sutiani, A. (2021). Improving Students Science Process and Critical Thinking Skills Using Semi-Research Patterns Practicum. JTK: Jurnal Tadris Kimiya, 6(1), 82–91.

Kurniyawati, Y., Mahmudi, A., & Wahyuningrum, E. (2019). Efektivitas problem-based learning ditinjau dari keterampilan pemecahan masalah dan kemandirian belajar matematis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 118–129.

Lestari, R., Noer, S. H., & Gunowibowo, P. (2019). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis dan Self Confidence. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 7(1), 37–50.

Munawaroh, S., Santosa, C. A. H. F., & Wahyuningrum, E. (2020). Pengaruh Strategi Pembelajaran Matematika Realistik Kontekstual dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indomath: Indonesia Mathematics Education, 3(1), 36–43.

Murni, F., Marjo, H. K., & Wahyuningrum, E. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Manipulatif pada Pembelajaran Matematika dan Kepercayaan Diri terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar. ELSE ( Elementary School Education Journal ) Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 438–459.

Ningtias, S. W., & Soraya, R. (2022). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Muara Pendidikan, 7(2), 347–355.

Nurmayani, L., Doyan, A., & Verawati, N. N. S. P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 4(1), 98–104.

Ogegbo, A. A., & Ramnarain, U. (2022). Teaching and learning Physics using interactive simulation: A guided inquiry practice. South African Journal of Education, 42(1), 1–9.

Pasaribu, R., & Prastyo, H. (2022). Meta Analisis: Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Matematis Siswa. Jurnal Padegogik, 5(2), 53–62.

Payadnya, I. P. A. A., & Jayantika, I. G. A. N. T. (2018). Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish.

Pratiwi, D., Wahyuningrum, E., & Adji, S. S. (2019). Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Menengah Pertama Ditinjau dari Tingkat Kecemasan Matematika dan Jender. Jurnal Pendidikan, 20(1), 69–81.

Purba, J., Panggabean, F. T. M., & Widarma, A. (2021). Development of General Chemical Teaching Materials ( Stoichiometry ) in an Integrated Network of Media- Based Higher Order Thinking Skills. Proceedings of the 6th Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership, 591(Aisteel), 949–954.

Qodratullah, S. T., Milla, H., & Kasmirudin. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Di SMPN 4 Bengkulu Tengah. Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Entrepreneurship VI Tahun 2019, 1–7.

Raenovta, V., & Suyanti, R. D. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis Lesson Study Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Materi Laju Reaksi. Prosiding Semnaskim Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Medan, 34–41.

Ruqoyyah, Fatkhurrohman, M. A., & Arfiani, Y. (2020). Implementasi Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Pop-up book untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 8(1), 42–48.

Sihaloho, I., & Hasairin, A. (2016). Perbandingan Model Kooperatif TIpe Jigsaw dengan Tipe Two Stay Two Stray Menggunakan Media Audiovisual terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Reproduksi Manusia di SMA Negeri 1 Pangururan. Jurnal Pelita Pendidikan, 4(3), 51–57.

Sucipto, Hobri, & Wahyuningrum, E. (2022). Penerapan Pembelajaran Matematika Model Creative Problem Solving Berbantuan Whatshapp Berbasis Lesson Study. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 10(1), 62–69.

Suyanti, R. D., Purba, D. N., & Juwitaningsih, T. (2021). Analysis of Problem Based Learning Colaborative on Critical Thinking Ability. Journal of Mathematics and Natural Sciences, 1(1), 21–24.

Ulandari, N., Putri, R., Ningsih, F., & Putra, A. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Teorema Pythagoras. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 03(02), 227–237.

Wahyuni, E., Nisa, K., & Fauzi, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 1 Midang. Renjana Pendidikan Dasar, 3(3), 176–183.

Wartini, N. W. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis. Journal of Education Action Research, 5(1), 126–132.

Wulandari, F., Sukardi, & Masyhuri. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guide Inquiry) Berbantuan Media Power Point Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1327 – 1333.




DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v17i1.57397

Article Metrics

Abstract view : 166 times
PDF - 111 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.