ANALISIS PENINGKATAN LITERASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR BERBANTUAN AUDIBLE BOOKS

Authors

  • Dewi Astuti Universitas Terbuka
  • Jesi Alexander Alim Univeritas Riau
  • Siti Aisyah Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.24114/jtp.v18i`1.65233

Keywords:

Literasi Matematis, Audible books , Pembelajaran Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan literasi matematis siswa sekolah dasar berbantuan Audible books  dalam proses pembelajaran. Literasi matematis merupakan kemampuan siswa dalam memahami, menginterpretasi, dan menerapkan konsep matematika dalam berbagai konteks kehidupan. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dan desain pretest-posttest control group design yang dilakukan di SD Negeri 14 Bathin Solapan, pada siswa kelas II dengan melibatkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan Audible books  dan kelas kontrol pada pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian berupa tes literasi matematis yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil analisis data setelah perlakuan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan rata-rata hasil pre-test dan post-test sebesar  26,21 serta perbedaan yang signifikan antara hasil posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. Dengan demikian, Hₐ diterima dan H₀ ditolak, yang berarti penggunaan Audible books dalam pembelajaran matematika memberikan peningkatan yang signifikan terhadap literasi matematis siswa sekolah dasar

References

Alim, J. A. (2024). PYTHAGORAS : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Enchanting Math AudibleBook : Insights from Teachers , University Students , and Young Learners. 18(2).

Alim, J. A., Hermita, N., Fendrik, M., & Oktaviani, C. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Audible books Terhadap Kemampuan Computation Thinking Siswa Di Sekolah Dasar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3727. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5990

Badi’ah, Z. (2021). Implikasi Teori Belajar Kognitif J. Piaget dalam Pembelajaran Bahasa Arab dengan Metode Audiolongual. Attractive : Innovative Education Journal, 3(1), 76. https://doi.org/10.51278/aj.v3i1.166

Firdos, I. I., Permatasari, I., Rahmawati, M., & Wahyono, W. (2023). Peranan Teknologi Dalam Mengembangkan Inovasi Pembelajaran Pada Pendidikan Sekolah Dasar. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 6(1), 33. https://doi.org/10.20961/shes.v6i1.71026

Haryanti N.R et al. (2024). Implementasi Pembelajaran Matematika Berbasis Soal Model PISA Dengan Pendekatan PBL Dalam Meningkatkan Keterampilan Siswa Abad 21. October.

Hazimah, G. F., & Sutisna, M. R. (2023). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Tingkat Pemahaman Numerasi Siswa Kelas 5 SDN 192 Ciburuy. EL-Muhbib: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 7(1), 10–19. http://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/eL-Muhbib/article/view/1350

Miftahul Jannah, & Miftahul Hayati. (2024). Pentingnya kemampuan literasi matematika dalam pembelajaran matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 4(1), 40–54. https://doi.org/10.29303/griya.v4i1.416

Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri Kohod III. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 243–255. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa

Oktaviani, C., Alim, J. A., Antosa, Z., & Hermita, N. (2022a). Pengembangan Audible books Berbasis Etnomatematika Sebagai Media Literasi Untuk Siswa Di Sekolah Dasar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2464. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5355

Oktaviani, C., Alim, J. A., Antosa, Z., & Hermita, N. (2022b). Pengembangan Audible books Berbasis Etnomatematika Sebagai Media Literasi Untuk Siswa Di Sekolah Dasar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2464–2478. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5355

Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9. https://doi.org/10.32585/absis.v3i1.1385

Puspita Sari, D., Kurnia, I., Primasatya, N., Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, P., & Nusantara PGRI Kediri, U. (2024). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Bersuara Materi Menggali Informasi pada Fabel untuk Siswa Kelas II SDN Tiron 4. Jurnal Simki Postgraduate, 3(1), 1–6. https://jiped.org/index.php/JSPG

Putra, Z. H., Witri, G., & Syahrilfuddin. (2020). Matematika Dan Budaya Melayu Dalam Buku Bergambar Matematika Berjudul “ Gelang Comel Buatan Kite .” Jurnal Mutiara Pendidikan Avalilable, 5(1).

Sirait, S., Mashuri, M. T., Dewi, N. R., Indraswari, N. F., Saputra, H. N., Ndakularak, I. L., Rizqi, N. R., Rahman, A. A., & Sitopu, J. W. (2023). Media Dan ICT Dalam Pembelajaran Matematika. In Global Eksekutif Teknologi. (Issue October).

Thohir, & Muhammad, M. A. (2023). Pengaruh Aktivitas Belajar Siswa Menggunankan Audio Visual Berbantuan Aplikasi Kinemaster Terhadap Literasi Matematika Siswa.

Downloads

Published

30-04-2025

How to Cite

Astuti, D., Alim, J. A., & Aisyah, S. (2025). ANALISIS PENINGKATAN LITERASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR BERBANTUAN AUDIBLE BOOKS. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 18(1), 1–8. https://doi.org/10.24114/jtp.v18i`1.65233