PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN YOUTUBE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX

Authors

  • Herika Marlinda Universitas Terbuka
  • Jesi Alexander Alim Univeritas Riau
  • Ikhsan

DOI:

https://doi.org/10.24114/jtp.v18i`1.65237

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan YouTube terhadap kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar matematika siswa kelas IX di SMP Negeri 2 Pasir Penyu. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain quasi-experimental. Instrumen penelitian berupa tes berpikir kritis dan angket motivasi belajar yang telah divalidasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar matematika siswa menggunakan model PBL berbantuan YouTube dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Kemampuan berpikir kritis siswa kelas kontrol sebesar 40,43% dan 44,57% pada kelas eksperimen dan motivasi hasil belajar siswa pada kelas eksperimen pretest sebesar 42,65% dan kelas eksperimen posttest sebesar 48,10%.  Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t menunjukkan bahwa nilai signifikansi (Sig.) pada kedua variabel lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian, penerapan model Problem Based Learning berbantuan YouTube dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika.

References

Arends, R. I. (2022). Learning to teach (9th ed.). McGraw-Hill Education.

Barrows, H.-S. &. (2022). Culture of the Republic of Indonesia, KP (nd. Curriculum.

Boud, D., Keogh, R., & Walker, D. (Eds.). (2020). Reflection: Turning experience into learning. Routledge.

Dalsgaard, C. (2019). Problem-Based Learning in Practice: Developing Reflective and Analytical Thinking in Students. Routledge.

Duch, B. J., Groh, S. E., & Allen, D. E. (2021). The Power of Problem-Based Learning: A Practical “How To” for Teaching Undergraduate Courses in Any Discipline. Stylus Publishing.

Hmelo-Silver, C. E., & Barrows, H. S. (2022). Facilitating Collaborative Learning in Problem-Based Learning. Educational Psychology Review, 33(2), 259–280.

Munir, M. (2021). Problem-based learning in education. Prenadamedia Group.

Savery, J. R. (2022). Overview of Problem-Based Learning: Definitions and Distinctions. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 16(1), 1–14.

Siregar, E. S., Kurniati, R., & Rahayu, S. (2022). Multimedia as a Learning Tool in Training Reading Skills of Elementary Schools Students. 6(2), 299–307.

Slavin, R. E. (2021). Educational Psychology: Theory and Practice (13th ed.). Pearson.

Sukardi, S. (2021). Sports learning models: Theory and its application in sports learning in schools. PT. RajaGrafindo Persada.

Suryana, Y., & Irianto, A. (2019). Application of problem based learning to improve junior high school students’ athletic skills. Jurnal Olahraga Prestasi, 8(3), 129–140. https://doi.org/10.1234/jop.

Ward, P., & Lee, M. A. (2020). Teaching Physical Education with Problem-Based Learning: Strategies for Developing Critical Thinking in Students. Human Kinetics.

Widodo, W. (2020). The effect of problem based learning method on students’ running skills learning outcomes. Journal of Physics Education Research, 9(1), 88–97. https://doi.org/10.2345/jppf.v9i1.7812

Yew, E. H. J., & Goh, K. (2022). Problem-Based Learning: A Student-Centered Approach for Learning and Assessment. Springer.

Downloads

Published

30-04-2025

How to Cite

Marlinda, H., Alim, J. A., & Ikhsan. (2025). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN YOUTUBE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 18(1), 17–29. https://doi.org/10.24114/jtp.v18i`1.65237