STUDI KEBUTUHAN TRAINER IOT SEBAGAI MEDIA INOVATIF DALAM PEMBELAJARAN MOTOR LISTRIK

Authors

  • Muhammad Isnaini Universitas Negeri Medan
  • Nelson Sinaga Universitas Negeri Medan
  • R. Mursid Universitas Negeri Medan
  • Ali Akbar Lubis Universitas Negeri Medan
  • Elizar Hamdan Lubis Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/jtp.v18i`1.65238

Keywords:

kebutuhan pembelajaran, Internet of Things, media inovatif, motor listrik, pendidikan teknik elektro

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan pengembangan trainer berbasis Internet of Things (IoT) sebagai media pembelajaran inovatif dalam mata kuliah Penggunaan dan Pengaturan Motor Listrik. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya pemanfaatan teknologi digital dalam meningkatkan kualitas pembelajaran praktik di bidang teknik elektro. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian terdiri dari 20 mahasiswa dan 2 dosen pada Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner yang mencakup tiga indikator utama, yaitu: kebutuhan materi, efisiensi, dan kualitas pembelajaran. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata tingkat pencapaian responden (TPR) pada seluruh indikator berada dalam kategori sangat tinggi, yaitu sebesar 87,80% untuk mahasiswa dan 89,58% untuk dosen. Temuan ini mengindikasikan bahwa terdapat urgensi dalam penyediaan media pembelajaran berbasis IoT yang mampu menjawab tantangan pembelajaran praktik berbasis teknologi. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa pengembangan trainer IoT sangat dibutuhkan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran dan kesiapan mahasiswa menghadapi perkembangan teknologi industri.

References

Ally, M. (2004). Foundations of educational theory for online learning. Theory and Practice of Online Learning, 2(1), 15–44.

Arsyad, A., & others. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja grafindo persada.

Dick, W. (2005). The systematic design of instruction. Scott Foresman.

Firdaus, M. R., & Aribowo, W. (2022). Pengembangan Trainer Pengendali Pengasutan Dan Pengereman Dinamik Motor Listrik AC 3 Fasa Berbasis IoT (Internet of Things) Menggunakan ESP32 dengan Interface Aplikasi Blynk di Kelas XI TITL SMKN 1 Driyorejo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 11(01), 11–21.

Fleming, N. D., & Mills, C. (1992). Not another inventory, rather a catalyst for reflection. To Improve the Academy, 11(1), 137–155.

Garrison, D. R. (2008). Blended learning in higher education: Framework, principles, and guidelines. Jossey-Bass.

Hariyanto, H., Aribowo, D., & Fatkhurrokhman, M. (2020). Pengembangan media pembelajaran trainer kit pengendali motor 3 phase pada mata pelajaran instalasi motor listrik di SMKN 4 Kota Serang. JUPITER (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 5(1), 1–7.

Isnaini, M., Dewy, M. S., Solihin, M. D., & Hutahaean, H. D. (2023). Trainer Pengaturan Motor Listrik Untuk Praktikum Penggunaan Dan Pengaturan Motor Listrik. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 10(2), 71. https://doi.org/10.24114/jtikp.v10i2.54006

Isnaini, M., Sinaga, D. H., & Emilawati, V. (2024). Development of Electric Motor Control Trainer Kit as Student Practicum Media. Proceedings of the 5th International Conference on Innovation in Education, Science, and Culture, ICIESC 2023, 24 October 2023, Medan, Indonesia.

Kortuem, G., Bandara, A. K., Smith, N., Richards, M., & Petre, M. (2012). Educating the Internet-of-Things generation. Computer, 46(2), 53–61.

Maryanti, A. R., & Rusimamto, P. W. (n.d.). Pengembangan Trainer Smart Relay Zelio Berbasis Internet Of Things Untuk Meningkatkan Hasil Berlajar Siswa Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik Di SMK Negeri 3 Surabaya.

Mayer, R. E. (2002). Multimedia learning. In Psychology of learning and motivation (Vol. 41, pp. 85–139). Elsevier.

Mayer, R. E. (2014). Introduction to multimedia learning.

Miarso, Y. (2004). Menyemai benih teknologi pendidikan. Kencana.

Minerva, R., Biru, A., & Rotondi, D. (2015). Towards a definition of the Internet of Things (IoT). IEEE Internet Initiative, 1(1), 1–86.

Norman Donald, A. (2013). The design of everyday things. MIT Press.

Panahatan, P., Isnaini, M., & Solihin, M. D. (2022). Development of Interactive Learning Multimedia Based on Adobe Flash in the Electric Motor Setup Course. Proceedings of the 4th International Conference on Innovation in Education, Science and Culture, ICIESC 2022, 11 October 2022, Medan, Indonesia.

Piaget, J. (1977). The development of thought: Equilibration of cognitive structures.(Trans A. Rosin). Viking.

Rahman, N. A., Idris, M. R., & Baharudin, K. S. (2020). Development of educational kit for IoT online learning. International Journal of Technology, Innovation and Humanities, 1(1), 26–32.

Richey, R. C., & Klein, J. D. (2014). Design and development research: Methods, strategies, and issues. Routledge.

Siemens, G. (2005). Connectivism: A learning Theory fir the Digital Age.

Smaldino, S. E., Lowther, D. L., Russell, J. D., & Mims, C. (2008). Instructional technology and media for learning.

Stone, T. E. (2023). UNESCO. Technology in education: A tool on whose terms. Glob. Educ. Monit. Rep, 18, 1–433.

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st century skills: Learning for life in our times. John Wiley & Sons

Downloads

Published

30-04-2025

How to Cite

Isnaini, M., Sinaga, N., Mursid, R., Lubis, A. A., & Lubis, E. H. (2025). STUDI KEBUTUHAN TRAINER IOT SEBAGAI MEDIA INOVATIF DALAM PEMBELAJARAN MOTOR LISTRIK. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 18(1), 30–37. https://doi.org/10.24114/jtp.v18i`1.65238