PELAKSANAAN APLIKASI CBT SEBAGAI ALAT EVALUASI PAPER LESS DI FTIK IAIN PALANGKA RAYA

Authors

  • Mukhlis Rohmadi IAIN Palangka Raya
  • Nurul Septiana IAIN Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.24114/jtp.v18i`1.65241

Keywords:

CBT, alat evaluasi, paperless

Abstract

Penelitian ini berangkat dari pemikiran bahwa perkembangan teknologi informasi yang begitu cepat ini menuntut kita untuk beradaptasi, termasuk dalam cara kita belajar dan melakukan evaluasi. Makanya, kita butuh media evaluasi yang up-to-date dengan perkembangan zaman. Nah, dalam penelitian ini, media yang digunakan adalah aplikasi ZYA CBT. Harapannya, dengan aplikasi CBT ini, mahasiswa jadi lebih mudah dalam mengerjakan ujian, dan hasilnya pun bisa lebih objektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan Ujian menggunakan Aplikasi CBT. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber datanya adalah mahasiswa yang terdaftar pada semester genap tahun akademik 2023/2024 di lingkungan FTIK IAIN Palangka Raya. Data lapangan menunjukkan respons positif dari mahasiswa terhadap penggunaan aplikasi CBT dalam pelaksanaan UTS dan UAS. Secara umum, aplikasi ini dinilai mudah digunakan dan berjalan dengan lancar. Meskipun ada beberapa kendala teknis yang dihadapi, namun masalah-masalah tersebut dapat diatasi. Dari seluruh mahasiswa yang mengalami kendala, sekitar 40% melaporkan masalah utama berupa koneksi internet yang sering terputus.

References

Pratama, Muh. P., & Wijaya, H. (2021). Development of an Android-based Computer Based Test (CBT) In Middle School. Journal of Education Technology, 5(2), 272–281. https://doi.org/10.23887/jet.v5i2.33527

Panyahuti, Ganefri, Ambiyar, & Suryani. (2019). Safe Exam Browser Untuk Klien Android Pada Ujian Berbasis Web. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 17(2), 212. https://doi.org/10.31571/edukasi.v17i2.1454

Priyadi, B. P. (2010). Pendekatan Kualitatif. Dialogue, 2(2), 854–867. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/dialogue/article/view/470

Purwati, D., dan, A. N.-I. J. P., & 2018, undefined. (n.d.). Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Sejarah Berbasis Google Formulir di SMA N 1 Prambanan. Journal.Uny.Ac.Id, 10, 2020. Retrieved February 13, 2022, from https://journal.uny.ac.id/index.php/istoria/article/view/19398

Riadi, A. (2017a). Kompetensi Guru dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran. Jurnal Ittihad, 15(2), 52–67. http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/ittihad/article/view/1933

Riadi, A. (2017b). Problematika sistem evaluasi pembelajaran. Jurnal Ittihad, 15(2), 1–12. http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/ittihad/article/viewFile/1593/1162

Rosdiana, R. (2015). Teknologi Pembelajaran Berbasis ICT (Penerapan Computer Based Test). Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(2), 31–38. https://doi.org/10.24256/JPMIPA.V3I2.233

Sari, I. P., Al-Khowarizmi, & Batubara, I. H. (2021). Implementasi Aplikasi Mobile Learning Sistem Manajemen Soal dan Ujian Berbasis Web Pada Platform Android. Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 178–183. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/IHSAN/article/view/7556

Sarrayrih, M. A., & Ilyas, M. (2013). Challenges of online exam, performances and problems for online university exam. IJCSI - International Journal of Computer Science Issues, 1(1), 439–443. http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.698.304&rep=rep1&type=pdf

Septiana, N. (2021). Pemanfaatan Aplikasi CBT sebagai Alat Evaluasi pada Mata Kuliah Dasar-dasar Pendidikan MIPA dan Morfologi Tumbuhan. JURNAL Kajian Pendidikan IPA, 1(2), 62–68. https://journal.uniga.ac.id/index.php/jkpi/article/view/1166

Shute, V., & Rahimi, S. (2017). Review of computer‐based assessment for learning in elementary and secondary education. Journal of Computer Assisted, 33(1), 1–19. https://doi.org/10.1111/jcal.12172

Trisnawati, I. K. (2015). VALIDITY IN COMPUTER-BASED TESTING: A LITERATURE REVIEW OF COMPARABILITY ISSUES AND EXAMINEE PERSPECTIVES. Englisia: Journal of Language, Education, and Humanities, 2(2), 86–94. https://doi.org/10.22373/EJ.V2I2.345

Tumbal, S., & Effendi, D. (2019). PERANCANGAN APLIKASI COMPUTER BASED TEST (CBT) BERBASIS WEB DI SMP NEGERI 19 BANDUNG Design Of Computer Based Test (CBT) Application SMP Negeri 19 Bandung. https://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/1715/

Widyanto, M. R., & Lestari, G. D. (2020). KOMPETENSI PAMONG BELAJAR DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN E-LEARNING DI SKB TRENGGALEK. JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua, 4(1), 124–134. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpls/article/view/8201

Wixom, B. H., & Todd, P. A. (2005). A theoretical integration of user satisfaction and technology acceptance. Information System Research, 16(1), 85–102. https://pubsonline.informs.org/doi/abs/10.1287/isre.1050.0042

Yudiawan, A. (2020). Belajar Bersama Covid 19: Evaluasi Pembelajaran Daring Era Pandemi di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri, Papua Barat. Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 10–16. https://jurnal-tarbiyah.stainsorong.ac.id/index.php/alfikr/article/view/64

Downloads

Published

30-04-2025

How to Cite

Rohmadi, M., & Septiana, N. (2025). PELAKSANAAN APLIKASI CBT SEBAGAI ALAT EVALUASI PAPER LESS DI FTIK IAIN PALANGKA RAYA. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 18(1), 36–48. https://doi.org/10.24114/jtp.v18i`1.65241