PENILAIAN MEDIA PEMBELAJARAN MODUL SUSTAINABLE FASHION UPCYCLE DAN RECYCLE

Authors

  • Sri Listiani Universitas Negeri Jakarta
  • Suryawati Universitas Negeri Jakarta
  • E. Lutfia Zahra Universitas Negeri Jakarta
  • Vera Utami Gede Putri Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.24114/jtp.v18i`1.65243

Keywords:

media pembelajaran, modul, sustainable fashion, upcycle dan recycle

Abstract

Kegiatan upcycle dan recycle tidak dapat dilakukan secara tiba-tiba tanpa pengetahuan mendasar, kegiatan ini dapat mulai diterapkan melalui pelaku-pelaku industri fashion atau orang-orang yang memiliki minat di dunia fashion salah satunya dapat dilakukan pembelajaran dengan membuka mata kuliah sustainable fashion di sekolah-sekolah mode sebagai langkah awal untuk memberikan pengetahuan yang mendasar bagi mahasiswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah menciptakan media pembelajaran berupa modul mata kuliah sustainable fashion dengan materi upcycle dan recycle sebagai panduan dalam menjalankan perkuliahan pada mata kuliah sustainable fashion di program studi desain mode Fakultas Teknik UNJ. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Research and Development (RnD) model 4D. kelayakan media pembelajaran berdasarkan karakteristik modul dan elemen multimedia. Serta pendapat pengguna yaitu mahasiswa program studi Desain Mode yang sedang mengikuti mata kuliah Sustainable Fashion. Berdasarkan hasil penilaian kelayakan, modul ini mendapatkan kategori "sangat baik" berdasarkan karakteristik modul yang mencakup self-instructional, self-contained, stand-alone, adaptive, dan user-friendly. Indikator yang mendapat penilaian tertinggi adalah stand alone dan adaptive. Sedangkan indikator yang mendapatkan penilaian terendah adalah user friendly. Selanjutnya, kelayakan berdasarkan elemen multimedia yang terdiri dari indikator teks, gambar, video, dan audio, mendapatkan hasil penilaian sangat baik. Indikator yang mendapat penilaian tertinggi adalah teks, audio, dan video. Sedangkan indikator yang mendapatkan penilaian terendah adalah gambar.

References

Daryanto. (2013). Menyusun modul : bahan ajar untuk persiapan guru dalam mengajar (Suryatri Darmiatun (ed.); Cet.1). Gava Media

Fifit Firmadani. (2010). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97. http://ejurnal.mercubuana- yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1084

Laili, I., Ganefri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas Pengembangan Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 306–315. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/download/21840/13513

Punaji Setyosari. (2015). Metode penelitian pendidikan dan pengembangan (K4). Kencana

Romi Satria Wahono. (2006). Aspek dan Kriteria Penilaian Media Pembelajaran. https://romisatriawahono.net/2006/06/21/aspekdan-kriteria-penilaian-media- pembelajaran/

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta

Suharsimi Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. PT Rineka Cipta

Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu : Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) (Fatna Yustianti (ed.); Ed. 1, Cet

Downloads

Published

30-04-2025

How to Cite

Listiani, S., Suryawati, Zahra, E. L., & Putri, V. U. G. (2025). PENILAIAN MEDIA PEMBELAJARAN MODUL SUSTAINABLE FASHION UPCYCLE DAN RECYCLE. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 18(1), 52–57. https://doi.org/10.24114/jtp.v18i`1.65243