PENGARUH PERILAKU BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN AKUNTANSI SISWA SMKS BUDI AGUNG MEDAN DENGAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Authors

  • Ade Novika Husna Ms Universitas Negeri Medan
  • Rini Herliani Universitas Negeri Medan
  • Jufri Darma Universitas Negeri Medan
  • Roza Thohiri Universitas Negeri Medan
  • Choms Gary GT Sibarani Universitas Negeri Medan

Keywords:

perilaku belajar, motivasi belajar, pemahaman akuntansi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengaruh perilaku belajar terhadap pemahaman akuntansi siswa dengan motivasi belajar sebagai variabel intervening. Hasil penelitian ini dilakukan di SMKS Budi Agung Medan, dengan populasi yang terdiri dari semua siswa jurusan akuntansi, sehingga totalnya 120 siswa. Sampiel daliam peneliitian ini diperoleh melalui penerapan tieknik simiple ranidom sampiling, dengani jumlah sampiel yaing telah ditentukan sesuai kebutuhan penelitian sebesar 85 responden. Data dikumpulkan memakai angket, dan analisis menggunakan software SmartPLS. Proses analisis meliputi uji PLS Algoritma, PLS Bootstrapping dan pengujian hipotesis melalui nilai P-Value, dengan batas signifikansi ditetapkan pada tingkat < 0,05. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai Average Variance Extracted (AVE) berada di atas 0,5, dan seluruh indikator memiliki nilai outer loading di atas 0,7, yang menandakan validitas konvergen terpenuhi. Berdasarkan data perhitungan, hipotesis pertama yang menguji pengaruh perilaku belajar terhadap pemahaman akuntansi yaitu  0.382 dan P-Values yaitu 0.009 < 0.05, artinya memiliki pengaruh yang signifikan. Untuk hipotesis kedua yaitu perilaku belajar terhadap motivasi belajar adalah 0.834 dan P-Values yaitu 0.000 < 0.05, artinya memiliki pengaruh yang signifikan. Hipotesis ketiga yaitu motivasi belajar terhadap pemahaman akuntansi adalah 0.323 dan P-Values yaitu 0.029 < 0.05, artinya memiliki pengaruh yang signifikan. Kemudian untuk hipotesis keempat yaitu perilaku belajar terhadap pemahaman akuntansi melalui motivasi belajar adalah 0.270 dan P-Values yaitu 0.032 < 0.05, artinya memiliki pengaruh yang signifikan.

References

Asmini, Andi Adawiah, Umar, A. Rahma, Mansur, A. A. (2019). Jurnal Mirai Management Jurnal Mirai Management. Jurnal Mirai Managemnt, 4(2), 122–136.

Barat, S. (2022). (Jurnal Sosial dan Ilmu Ekonomi). VII(April), 21–33.

Benu, T. I. A., & Nugroho, P. I. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Dengan Tingkat Pemahaman Akuntansi Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Akuntansi Profesi, 12(1), 224

Devi. 2020. Pengaruh Ukuran Usaha, Persepsi Atas Laporan Keuangan, Kompetensi Sumber Daya Manusia dan Pemahaman Akuntansi Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pada UMKM. Magetan: library Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Fauziah, Hari. 2023. Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ), Kecerdasan Spiritual (SQ), Perilaku Belajar dan Metode Mengajar Dosen Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Prodi Akuntansi Universitas Islam Majapahit. hlm 205-220

Hair, Joseph F., G. Toma. Hult, Christian Ringle, and Marko Sarstedt. 2017. A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) - Joseph F. Hair, Jr., G. Tomas M. Hult, Christian Ringle, Marko Sarstedt.

Hariani, A. I., & Junaedi, W. (2023). Journal geoekonomi fakultas ekonomi universitas balikpapan. 14(1), 17–29.

Henseler, J., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2015). A new criterion for assessing discriminant validity in variance-based structural equation modeling. Journal of the Academy of Marketing Science, 43(1), 115–135

Matapere, N. M., & Nugroho, P. I. (2020). Pengaruh Hasil Belajar Pengantar Akuntansi Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Prodi Akuntansi UKSW Dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 4(1), 257–270.

Meizi, E. R., Muhtar, & Jaryanto. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar Siswa SMK dengan Perilaku Belajar sebagai Variabel Intervening. Tata Arta: Jurnal Pendidikan Akuntansi , 7(3), 1–13.

Octaviana, L., & Rochmawati, R. (2021). Pengaruh Pengantar Akuntansi Dan Perilaku Belajar Terhadap Hasil Belajar Praktikum Akuntansi Dengan Motivasi Belajar Sebagai Pemoderasi. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 2001–2011.

Prastika, A., & Widodo, S. (2023). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar, Dan Minat Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Di Yogyakarta. CURRENT: Jurnal Kajian Akuntansi Dan Bisnis Terkini, 4(2), 259–270.

Putri, S. G., Syamra, Y., & Pratama, I. M. (2021). Pengaruh Perbedaan Asal Sekolah dan Motivasi Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Dasar Akuntansi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi STKIP PGRI Sumatera Barat. Horizon, 1(3), 569–579.

Riah Venna, V. C. L. T. (2023). Pengaruh Motivasi Belajar, Perilaku Belajar, Dan Minat Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Di Kota Batam.

Rochmawati, Leny. 2021. Pengaruh Pengantar Akuntansi dan Perilaku Belajar Terhadap Hasil Belajar Praktikum Akuntansi dengan Motivasi Belajar Sebagai Moderasi. Surabaya: Jurnal Ilmu Pendidikan.

Sihombing, M. J. T. (2022). Pengaruh Minat Belajar, Motivasi Belajar, Perilaku Belajar terhadap Pemahaman Akuntansi dengan Kecerdasan Spritual sebagai Variabel Moderating pada Mahasiswa Universitas Imelda Medan. Jurnal TEKESNOS, 4(1), 139–146.

Wisman, Y. (2020). Teori belajar kognitif dan implementasi dalam proses pembelajaran. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 11(1), 209-215.

Wiwik, Olbaroh. 2024. Pengaruh Motivasi Belajar, Kecerdasan Emosional, dan Pembelajaran Online Terhadap Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Akuntansi. Balik Papan: Jurnal Geoekonomi.

Downloads

Published

30-04-2025

How to Cite

Ms, A. N. H., Herliani, R., Darma, J., Thohiri, R., & Sibarani, C. G. G. (2025). PENGARUH PERILAKU BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN AKUNTANSI SISWA SMKS BUDI AGUNG MEDAN DENGAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 18(1), 58–66. Retrieved from https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jtp/article/view/65301