PENGEMBANGAN TRAINER PLC BERBASIS OUTSEAL UNTUK RANGKAIAN KENDALI PLC
DOI:
https://doi.org/10.24114/jtp.v18i2.70205Keywords:
Trainer PLC Outseal, Media Praktikum, Sistem Kendali IndustriAbstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan trainer PLC Outseal sebagai media pembelajaran sistem kendali industri yang layak bagi siswa SMKN 2 Siatas Barita. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Produk yang dihasilkan berupa trainer PLC Outseal yang terintegrasi dengan modul PLC Outseal, input berupa Push button, switch sebagai simulasi, lampu indikator, dan tombol kontrol untuk simulasi berbagai skenario kendali industri. Hasil pengujian menunjukkan bahwa trainer PLC Outseal yang dikembangkan memenuhi spesifikasi yang diinginkan. Berdasarkan hasil validasi ahli media dan ahli materi, media pembelajaran ini masuk dalam kategori "Sangat Layak" dengan persentase kelayakan masing-masing 91% dan 90%. Penggunaan trainer PLC Outseal diharapkan dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap konsep-konsep dasar dalam sistem kendali industri berbasis PLC dan mempersiapkan mereka dengan keterampilan praktis yang diperlukan dalam bidang ini. Selain itu, penggunaan trainer PLC Outseal juga diharapkan dapat mengurangi biaya dan risiko yang terkait dengan praktikum sistem kendali industri konvensional.References
Akhiruddin, Sujarwo, Atmowardoyo, & Nurhikmah. (2019). Belajar dan Pembelajaran. CV. Cahaya Bintang Cemerlang.
Hamzah, K., Gamayel, A., Zaenudin, M., Saleh, Y. K. P., & Hidayat, N. C. (2023). Perancangan Sistem Pneumatik PLC Trainer Berbasis Pemograman Sofware Festo Fluidism 3.6. Scientific Journal of Mechanical Engineering Kinematika, 8(2), 140–148. https://doi.org/10.20527/sjmekinematika.v8i2.259
Lukman, H. S., Setiani, A., & Agustiani, N. (2023). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Teori Krulik dan Rudnick: Analisis Validitas Konten. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 326–339. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1761
Maryati, N. (2019). Siswa SMK Siap Hadapi Revolusi Industri 4.0.
Nurhidayati, V., Ramadani, F., Melisa, F., Armi, D., & Putri, E. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Siswa. https://doi.org/https://doi.org/10.61290/pgsd.v10i2.428
Nurqozin, M., Putra, D., & Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, U. (2023). Pembelajaran Berbasis Media Digital dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Menengah Kejuruan Islam Terpadu Tebuireng III Indragiri Hilir Riau 1. In Jurnal Kependidikan (Vol. 12, Issue 4). https://doi.org/https://doi.org/10.58230/27454312.289
Purwanti, P. (2023). Analisis Desain Alat Peraga Fisika Pada Materi Termodinamika. In SINASIS (Seminar Nasional Sains), (Vol. 4, No. 1). https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/7100
Suratnu, R. (2023). The Adoption Of The Addie Model In Designing An Instructional Module: The Case Of Malay Language Remove Students. IJIET (International Journal of Indonesian Education and Teaching), 7(2), 262–270. https://doi.org/10.24071/ijiet.v7i2.3521
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
 
							