FLIPPED LEARNING BERBASIS VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE CASE STUDY (VCTCS) TERHADAP PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Bilferi Hutapea Pusat Kajian dan Pengembangan Sekolah Damai, Universitas Sulawesi Barat
  • Hasbahuddin Pusat Kajian dan Pengembangan Sekolah Damai, Universitas Sulawesi Barat
  • Mutmainnah Badu Universitas Sulawesi Barat
  • Maisarah Universitas Sulawesi Barat
  • Vimkarlin Univesitas Sulawesi Barat

DOI:

https://doi.org/10.24114/jtp.v18i2.70206

Keywords:

Flipped Learning, VCTCS, Profil Pancasila, Hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model flipped learning berbasis value clarification technique case study (VCTCS) terhadap penguatan profil pelajar pancasila dan hasil belajar siswa.. Rancangan penelitian ini adalah quasi ekperiment (ekperimen semu) dengan desain menggunakan pretest-posttest non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Majene yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu kelas XI 2 dan XI 4. Instrumen yangdigunakan terdiri dari tes hasil belajar dan lembar observasi profil pelajar pancasila. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan statistika deskriptif dan statistika inferensial. Statistika inferensial menggunakan analisis MANOVA (multivariate analysis of variance). Hasil penelitian menunjukkan bahwaterdapat perbedaan antara profil pelajar pancasila dan hasil belajar siswa yang diterapkan model flipped learning berbasis value clarification technique case study (VCTCS) dibandingkan model direct flipped learning. Rata-rata hasil belajar dengan model flipped learning berbasis value clarification technique case study (VCTCS) sebesar 82,5 lebih tinggi dibanding hasil belajar dengan model direct flipped learning sebesar 74,2 dan profil pelajar pancasila dengan model flipped learning berbasis VCTCS sebesar 86 secara signifikan lebih unggul dibandingkan model direct flipped learning sebesar 78. Model flipped learning berbasis VCTCS sangat baik diimplementasikan pada pembelajaran Pendidikan Pancasila di sekolah.

References

Adila Y, Anita Y, Reinita, Fitria Y. (2025). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Menggunakan Value Clarification Technique Model Percontohan Di Kelas Iv B Sdn 13 Surau Gadang Kota Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 10(2), 2548-6950.

Amelia M, Asmiati S, Habaridota M. (2024). Penguatan profil pelajar pancasila menggunakan model value clarification technique (vct) tipe perisai kepribadian pada pendidikan pancasila sd negeri 03 pontianak timur. Didaktika dwijaya indria. 13(3), 359-363.

Asikin, Z., Nisa, K., & Jiwandono, I. S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) berbantuan Games terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas IV Gugus 04 Kecamatan Praya. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 711–716.

Astawa, I. W. W., Putra, M., & Abadi, I. B. G. S. (2020). Pembelajaran Ppkn Dengan Model VCT Bermuatan Nilai Karakter Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 199.

Chiang, F. K., & Wu, Z. (2021). Flipping a classroom with a three-stage collaborative instructional model (3-CI) for graduate student. Australasian Journal of Educational Technology, 37(4), 51-67.

Ekayana, A.A. (2022). Flipped Learning Berbasis Project terhadap Berpikir Kreatif dan prestasi belajar di Pendidikan Tinggi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 3(1), 168-182.

Hurrahmi, M., & Munjiatun. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Terhadap Pengetahuan Nilai-Nilai Sila Kedua Pancasila Di Kelas V Sd Negeri 164 Pekanbaru. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(3), 131–140.

Imania, K & Bariah, S. (2020). Pengembangan Flipped Classroom Dalam Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran. Jurnal PETIK, 6(2), 45-50

Jenirita, K, (2021). “Discoveri Learning Berbasis Flipped Class Terhadap Aktivitas dan Penguasaan Konsep. Jurnal UNIKAMA. 2(1). 32-54

Julinar & Yusuf, F. (2019). Flipped Learning Model: Satu cara alternatif untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Jurnal penelitian pendidikan. 19 (3). 366-371.

Karunia C & Mahpudin. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Terhadap Sikap Sosial Siswa Pada Pembelajaran IPS. Buletin Ilmiah Pendidikan. 2(2), 162-170.

Kemendikbud. (2020). Kajian Pengembangan Profil Pelajar Pancasila. In https://kurikulum.kemdikbud.go.id/

Kemendikbud. (2024). Kajian Pengembangan Profil Pelajar Pancasila. In https://kurikulum.kemdikbud.go.id/

Kuncoro AG, Mursidik EM, Laksana SD. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Nambangan Kidul. Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan dan Humaniora. 3(1). 168-175.

Masi TM, Ouw ME, Radja MR, Masi PW. 2025. Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique Terhadap Pemahaman Nilai Pancasila Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Kupang. Haumeni Journal of Education 5(1), 9-17.

Maulida R, Hidayati N, Rafifa A, Suryaningsi. (2025). Integritas di Era Digital: Menjaga Nilai di Tengah Perubahan. Jurnal Hukum dan Kewarganegaraan. 13(1), 12-26.

Mulyana D. (2023). Lucerna : Hubungan Karakter Profil Pelajar Pancasila dengan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Aktual. 3(2), 53–63.

Nirmayani LH, Yudiana I, (2025). The Effect of Value Clarification Techniques-Based Civic Education Model on Critical Thinking and Social Attitudes of Fifth Grade Elementary Students. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 9(2), 375-381.

Permatasari, D. R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (Vct) Tipe Percontohan Terhadap Prestasi Belajar Dan Tanggung Jawab Materi Globalisasi. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1).

Purwanto. A. (2018). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas II Sekolah Dasar. Repository Universitas Pendidikan Indonesia.

Rachmawati N, A. Marini, M. Nafiah, and I. Nurasiah. 2022. “Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. J. Basicedu. 6(3), 3613–3625.

Rahayu D, Adam A Syukroni B. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SD Inpres Talakauwe Kecamatan Bajeng Barat Kabupaten Gowa. Sintaksis: Publikasi ahli Bahasa, 2(5). 58-69.

Rahmawati, S. U., & Merona, S. P. (2022). Berpikir reflektif siswa berdasarkan gaya kognitif field independent dan field dependent. EDUPEDIA, 3(2), 117-129.

Reinita, Waldi, A., & Anita, Y. (2021). Paradigma Baru Pembelajaran PKn Abad 21. Jawa Tengah: CV. Pena Persada.

Siswinarti, Pt. R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique Bermediakan Video Terhadap Hasil Belajar PKN. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(1).

Sugiono. (2020). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta

Ulandari S & Rapita DD. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Menguatkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 116-132.

Downloads

Published

28-10-2025

How to Cite

Hutapea, B., Hasbahuddin, Badu, M., Maisarah, & Vimkarlin. (2025). FLIPPED LEARNING BERBASIS VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE CASE STUDY (VCTCS) TERHADAP PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 18(2), 80–89. https://doi.org/10.24114/jtp.v18i2.70206