PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR PERAWATAN KULIT WAJAH SISWA KELAS XI TATA KECANTIKAN SMK
DOI:
https://doi.org/10.24114/jtp.v18i2.70210Keywords:
Student Facilitator and Explaining, hasil belajar, perawatan kulit wajah, tata kecantikanAbstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFaE) terhadap hasil belajar perawatan kulit wajah siswa kelas XI Tata Kecantikan SMK Negeri 10 Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi-experiment). Desain penelitian berupa pretest–posttest control group design. Populasi penelitian berjumlah 60 siswa, dengan sampel dua kelas masing-masing 30 siswa yang diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar yang telah divalidasi ahli. Analisis data dilakukan dengan uji-t pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai post-test kelas eksperimen yang menggunakan model SFaE sebesar 87, sedangkan kelas kontrol dengan model Direct Instruction sebesar 74. Nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Dengan demikian, model SFaE berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan hasil belajar perawatan kulit wajah siswa.References
Aini, N. (2023). Teori Hasil Belajar dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia.
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.
Arends, R. I. (2012). Learning to Teach (9th ed.). New York: McGraw-Hill.
Arikunto, S. (2021). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Asyva, R. (2025). Model Pembelajaran Langsung di Era Merdeka Belajar. Bandung: Alfabeta.
Azwar, S. (2020). Reliabilitas dan Validitas Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bandura, A. (2012). Social Learning Theory. New York: General Learning Press.
Borg, W. R., & Gall, M. D. (1983). Educational Research: An Introduction. New York: Longman.
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Daryanto. (2020). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.
Efriyani, S. (2023). Penerapan Model SFaE dalam Pembelajaran Kooperatif di SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi, 12(3), 45 – 52.
Fitri, M. (2024). Student Facilitator and Explaining untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal Inovasi Pendidikan Vokasi, 9(2), 120 – 128.
Ghozali, I. (2020). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Hake, R. R. (1998). Interactive-Engagement vs Traditional Methods: A Six-Thousand Student Survey of Mechanics Test Data for Introductory Physics Courses. American Journal of Physics, 66(1), 64 – 74.
Harefa, S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Deepublish.
Kemendikbudristek. (2021). Profil Pendidikan Vokasi dan Transformasi Pembelajaran SMK Pusat Keunggulan. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi.
Kemendikbudristek. (2022). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka di Satuan Pendidikan Vokasi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi.
Kolb, D. A. (2015). Experiential Learning: Experience as the Source of Learning and Development (2nd ed.). New Jersey: Pearson Education.
Loyens, S. M. M., Jones, S. H., Mikkers, J., & van Gog, T. (2018). Problem-based learning as a student-centered approach to learning: Literature review and classification. Educational Psychology Review, 30(2), 341 – 369.
Mansir, M. (2021). Strategi Pembelajaran Aktif di Sekolah Menengah Kejuruan. Bandung: Alfabeta.
Nababan, C. I. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap Hasil Belajar Perawatan Kulit Wajah Siswa Kelas XI SMK Negeri 10 Medan. Skripsi, Universitas Negeri Medan.
Piaget, J. (1980). The Theory of Cognitive Development. London: Routledge.
Rahman, M. (2021). Psikologi Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Santoso, S. (2018). Panduan Lengkap Menguasai Statistik dengan SPSS. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Slavin, R. E. (2018). Educational Psychology: Theory and Practice (12th ed.). Boston: Pearson.
Sudjana, N. (2016). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, A. (2019). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Telaumbanua, Y., et al. (2024). Implementasi SFaE pada Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 15(1), 55 – 63.
Tilaar, H. A. R. (2019). Kebijakan Pendidikan: Kajian Teoretis dan Empiris. Jakarta: Grasindo.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge, MA: Harvard University Press.
Wibawa, B., & Hidayat, N. (2022). Inovasi Pembelajaran di Era Digital untuk Pendidikan Vokasi. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 14(1), 33 – 40.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.