PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PREZI PADA PENGERITINGAN RAMBUT DESAIN SISWA KELAS XI TATA KECANTIKAN SMK

Authors

  • Diah Novita Sari Universitas Negeri Medan
  • Dian Maya Sari Universitas Negeri Medan
  • R Mursid Universitas Negeri Medan
  • Safana Zakira Athya Universitas Negeri Medan
  • Mutiara Sani Lumban Gaol Universitas Negeri Medan
  • Syahrani Putri Alya Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/jtp.v18i2.70211

Keywords:

media pembelajaran, Prezi, pengeritingan rambut, pendidikan vokasional

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis Prezi pada materi Pengeritingan Rambut Desain Batang untuk siswa kelas XI Tata Kecantikan SMK Swasta Tarbiyah Islamiyah. Penelitian dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang masih bersifat konvensional dan kurang interaktif sehingga menyebabkan rendahnya motivasi dan pemahaman siswa. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian terdiri dari 35 siswa, 3 ahli materi, dan 2 ahli media. Data dikumpulkan melalui angket validasi dan uji coba siswa, kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis Prezi sangat layak digunakan, dengan hasil validasi ahli materi 96%, ahli media 90%, dan uji coba siswa mencapai rata-rata 88–90%. Media ini dinilai efektif dalam meningkatkan motivasi serta pemahaman siswa terhadap langkah-langkah pengeritingan rambut. Dengan demikian, media pembelajaran Prezi dapat dijadikan inovasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran vokasional di SMK.

References

Aini, N. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Prezi terhadap Motivasi dan Pemahaman Konsep Siswa pada Pembelajaran Vokasional. Jurnal Inovasi Pendidikan Vokasional, 7(2), 45–53.

Arsyad, A. (2021). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Asyhar, R. (2022). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Azwar, S. (2020). Reliabilitas dan Validitas Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Borg, W. R., & Gall, M. D. (1983). Educational Research: An Introduction. New York: Longman.

Branch, R. M. (2010). Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer.

Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2015). The Systematic Design of Instruction (8th ed.). Boston: Pearson.

Fitri, M. (2024). Student Facilitator and Explaining untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal Inovasi Pendidikan Vokasi, 9(2), 120–128.

Ginting, F. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Prezi pada Materi Tata Kecantikan Rambut di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 9(1), 34–42.

Hamalik, O. (2021). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Keller, J. M. (2010). Motivational Design for Learning and Performance: The ARCS Model Approach. New York: Springer.

Kemendikbudristek. (2022). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka di Satuan Pendidikan Vokasi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi.

Kolb, D. A. (2015). Experiential Learning: Experience as the Source of Learning and Development. New Jersey: Pearson Education.

Loyens, S. M. M., Jones, S. H., Mikkers, J., & van Gog, T. (2018). Problem-based learning as a student-centered approach to learning: Literature review and classification. Educational Psychology Review, 30(2), 341–369.

Mayer, R. E. (2014). The Cambridge Handbook of Multimedia Learning (2nd ed.). New York: Cambridge University Press.

Molenda, M. (2003). In Search of the Elusive ADDIE Model. Performance Improvement, 42(5), 34–36.

Munadi, Y. (2022). Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: GP Press.

Paivio, A. (1986). Mental Representations: A Dual Coding Approach. Oxford: Oxford University Press.

Plomp, T. (2013). Educational Design Research: An Introduction. Enschede: SLO Netherlands Institute for Curriculum Development.

Rahmawati, D. (2023). Pengembangan Media Prezi untuk Pembelajaran Praktik Tata Kecantikan Rambut di SMK. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(2), 101–110.

Riduwan. (2018). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wibawa, B., & Hidayat, N. (2022). Inovasi Pembelajaran di Era Digital untuk Pendidikan Vokasi. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 14(1), 33–40.

Downloads

Published

28-10-2025

How to Cite

Sari, D. N., Sari, D. M., Mursid, R., Athya, S. Z., Gaol, M. S. L., & Alya, S. P. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PREZI PADA PENGERITINGAN RAMBUT DESAIN SISWA KELAS XI TATA KECANTIKAN SMK. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 18(2), 100–108. https://doi.org/10.24114/jtp.v18i2.70211