PENGARUH METODE PEMBELAJARAN CARD SORT TERHADAP HASIL BELAJAR PADA ELEMEN SANITASI HYGIENE SISWA KELAS X TATA KECANTIKAN SMK

Authors

  • La Syifa Adenia Universitas Negeri Medan
  • Farihah Universitas Negeri Medan
  • R Mursid Universitas Negeri Medan
  • Siti Wahidah Universitas Negeri Medan
  • Nabila Deswita Universitas Negeri Medan
  • Sarah Nur Jehan Universitas Negeri Medan
  • Puan Salwa Nafizah Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/jtp.v18i2.70212

Keywords:

Card Sort, hasil belajar, sanitasi, hygiene, Tata Kecantikan

Abstract

Masalah rendahnya hasil belajar siswa pada materi sanitasi dan hygiene di SMK Awal Karya Pembangunan Galang disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran yang kurang bervariasi dan minim partisipasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan metode pembelajaran Card Sort terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas X Tata Kecantikan. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Sampel terdiri dari 60 siswa, yaitu kelas X Kecantikan 1 sebagai kelas eksperimen (Card Sort) dan kelas X Kecantikan 2 sebagai kelas kontrol (ceramah). Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar (pre-test dan post-test). Hasil analisis menunjukkan nilai t_hitung = 15,41 > t_tabel = 1,67 pada taraf signifikan 0,05, yang berarti terdapat pengaruh signifikan metode Card Sort terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian, penggunaan metode Card Sort terbukti lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep, partisipasi aktif, dan hasil belajar dibandingkan metode ceramah tradisional.

References

Adenia, L. S. (2025). Pengaruh Metode Pembelajaran Card Sort Terhadap Hasil Belajar Pada Elemen Sanitasi Hygiene Siswa Kelas X Tata Kecantikan SMK Awal Karya Pembangunan Galang. Skripsi. Universitas Negeri Medan.

Aini, L. (2021). Pengaruh penggunaan metode Card Sort terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran IPS di MTsN 5 Pasaman Barat. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 8(2), 112–120.

Arikunto, S. (2021). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arrasyid, H., Lasmawan, I. W., & Marhaeni, A. A. I. N. (2023). Pengaruh strategi Card Sort terhadap hasil belajar IPS ditinjau dari sikap sosial. Jurnal Pendidikan dan Evaluasi Pembelajaran, 11(1), 33–45.

Bonwell, C. C., & Eison, J. A. (1991). Active Learning: Creating Excitement in the Classroom. Washington, D.C.: ASHE-ERIC Higher Education Report.

Hidayati, N. (2022). Implementasi pembelajaran sanitasi dan hygiene dalam meningkatkan kompetensi siswa SMK Tata Kecantikan. Jurnal Vokasi dan Teknologi Pendidikan, 4(2), 65–74.

Kemendikbudristek. (2022). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka di Pendidikan Vokasi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi.

Latifah, A. (2021). Efektivitas metode Card Sort terhadap hasil belajar siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 7(1), 54–62.

Nurhayati, S. (2021). Pengaruh metode Card Sort terhadap peningkatan hasil belajar biologi siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(1), 45–52.

Rahmawati, D., & Huda, M. (2021). Penerapan strategi Card Sort dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 8(3), 110–119.

Sardiman, A. M. (2020). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Silberman, M. (2016). Active Learning: 101 Strategies to Teach Any Subject. Boston: Allyn & Bacon.

Slavin, R. E. (2018). Educational Psychology: Theory and Practice. Boston: Pearson Education.

Suhartono, T. (2022). Metode pembelajaran aktif dalam meningkatkan hasil belajar siswa SMK. Jurnal Teknologi Pendidikan Vokasional, 5(1), 45–53.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge, MA: Harvard University Press.

Wijaya, R. (2022). Efektivitas pembelajaran aktif terhadap hasil belajar siswa SMK bidang tata kecantikan. Jurnal Pendidikan Kejuruan dan Kewirausahaan, 7(1), 33–41.

Wita, A. (2022). Pengaruh metode Card Sort terhadap aktivitas dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam Terapan, 7(3), 77–88.

Yuliani, F., & Putra, D. (2023). Pengaruh metode Card Sort terhadap kemampuan berpikir kritis dan aktivitas belajar siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran Sains, 11(2), 75–83.

Downloads

Published

28-10-2025

How to Cite

Adenia, L. S., Farihah, Mursid, R., Wahidah, S., Deswita, N., Jehan, S. N., & Nafizah, P. S. (2025). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN CARD SORT TERHADAP HASIL BELAJAR PADA ELEMEN SANITASI HYGIENE SISWA KELAS X TATA KECANTIKAN SMK. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 18(2), 109–116. https://doi.org/10.24114/jtp.v18i2.70212