ANALISIS UJICOBA INSTRUMEN TES BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATA KULIAH ELEKTRONIKA DASAR

Authors

  • Mega Silfia Dewy Universitas Negeri Medan
  • Dadang Mulyana Universitas Negeri Medan
  • Selly Annisa Binti Zulkarnain Universitas Negeri Medan
  • Muhammad Isnaini Universitas Negeri Medan
  • Yoakim Simamora Universitas Negeri Medan
  • Michael Fritz Imannuel Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/jtp.v18i2.70213

Keywords:

HOTS, Elektronika Dasar, Instrumen Tes, Validitas, Reliabilitas, Evaluasi Pendidikan Teknik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kualitas instrumen soal berbasis kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) melalui proses uji coba terhadap mahasiswa program studi Teknik Elektro. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan fokus pada analisis validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda soal. Hasil analisis menunjukkan bahwa sebanyak 83,75% soal memenuhi kriteria validitas, dan reliabilitas instrumen mencapai angka 0,83 yang tergolong dalam kategori sangat baik. Sebagian besar soal, yaitu 95,23%, berada pada kategori tingkat kesukaran sedang, dengan indeks antara 0,3 hingga 0,7. Analisis terhadap daya pembeda menunjukkan bahwa dari 59 soal yang diuji, terdapat 4 soal dengan daya pembeda di bawah 0,3, sehingga hanya 56 soal yang dinyatakan layak digunakan. Berdasarkan temuan tersebut, instrumen evaluasi berbasis HOTS ini dinyatakan memenuhi kriteria kelayakan untuk digunakan dalam proses penilaian pada mata kuliah Elektronika Dasar.

References

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom’s taxonomy of educational objectives. Longman.

Anshari, M. I., Nasution, R., Irsyad, M., Alifa, A. Z., & Zuhriyah, I. A. (2024). Analisis validitas dan reliabilitas butir soal sumatif akhir semester ganjil mata pelajaran pai. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 964-975. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i1.5931

Arikunto, S. (2018). Dasar-dasar evaluasi pendidikan (Edisi 3). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Barokah, A., Sugianto, S., & Astuti, B. (2021). Analisis perencanaan pengembangan instrumen evaluasi berbasis higher order thinking skills (hots) materi hukum termodinamika. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 11(1), 75-86. https://doi.org/10.21580/phen.2021.11.1.7303

Brookhart, S. M. (2010). How to assess higher-order thinking skills in your classroom. ASCD.

Crocker, L., & Algina, J. (2006). Introduction to Classical and Modern Test Theory. Wadsworth Publishing.

Ebel, R. L., & Frisbie, D. A. (1991). Essentials of Educational Measurement (5th ed.). Prentice Hall.

Erfan, M., & Ratu, S. (2020). Pengembangan asesmen higher order thinking skills (HOTS) berbasis computer-based test (CBT) pada mata pelajaran fisika. Jurnal Pengukuran Psikologi dan Pendidikan Indonesia, 9(2), 87–98. https://doi.org/10.15408/jp3i.v9i2.16113

Fidia, F., Puspitawati, R. P., & Yakub, P. (2022). Pengembangan instrumen soal higher order thinking skills (hots) materi jaringan dan organ pada tumbuhan kelas xi sma. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(3), 745-754. https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n3.p745-754

Fidia, F., Puspitawati, R. P., & Yakub, P. (2022). Pengembangan instrumen soal higher order thinking skills (hots) materi jaringan dan organ pada tumbuhan kelas xi sma. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(3), 745-754. https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n3.p745-754

Geovana, D., Akbar, B., & Supardi, S. (2022). Pengembangan soal keterampilan proses sains (kps) mata pelajaran biologi. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 2(1), 24-38. https://doi.org/10.58192/insdun.v2i1.405

King, F. J., Goodson, L., & Rohani, F. (1998). Higher order thinking skills: Definition, teaching strategies, assessment. Center for Advancement of Learning and Assessment.

Kuder, G. F., & Richardson, M. W. (1937). The theory of the estimation of test reliability. Psychometrika, 2(3), 151–160. https://doi.org/10.1007/BF02288391

Kwangmuang, P., Jarutkamolpong, S., Sangboonraung, W., & Daungtod, S. (2021). The development of learning innovation to enhance higher order thinking skills for students in thailand junior high schools. Heliyon, 7(6), e07309. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07309

Martina, M., Ibrahim, M. M., Kusumayanti, A., & Nursalam, N. (2021). Pengembangan instrumen tes higher order thinking skill (HOTS) pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel dan teorema Pythagoras. Al Asma: Journal of Islamic Education, 3(1), 85–95. https://doi.org/10.24252/asma.v3i1.21183

Masitoh, L. F. and Aedi, W. G. (2020). Pengembangan instrumen asesmen higher order thinking skills (hots) matematika di smp kelas vii. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 886-897. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.328

Melawati, Y., Rochmiyati, R., & Nurhanurawati, N. (2022). A needs analysis of hots-based assessment instruments for elementary school mathematics learning. Asian Journal of Educational Technology, 1(2), 90-95. https://doi.org/10.53402/ajet.v1i2.41

Ndiung, S. and Jediut, M. (2020). Pengembangan instrumen tes hasil belajar matematika peserta didik sekolah dasar berorientasi pada berpikir tingkat tinggi. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(1), 94. https://doi.org/10.25273/pe.v10i1.6274

Nitko, A. J., & Brookhart, S. M. (2014). Educational Assessment of Students (7th ed.). Pearson Education.

Noviyani, N. K. A., Tegeh, I. M., & Jayanta, N. L. (2021). Menilai kompetensi pengetahuan ipa dengan instrumen pada topik pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda. Mimbar Ilmu, 26(3), 431. https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.35627

Oduro-Okyireh, T., Mulyanti, B., Rohendi, D., Acheampong, K., & Oduro-Okyireh, G. (2023). Mathematics as determinant of students’ hots among hnd electrical and electronic engineering students in ghana. Journal of Education Research and Evaluation, 7(4), 692-702. https://doi.org/10.23887/jere.v7i4.62932

Purnasari, P. D., Silvester, S., & Lumbantobing, W. L. (2021). Pengembangan instrumen asesmen higher order thingking skills (hots) ditinjau dari gaya belajar siswa. Sebatik, 25(2), 571-580. https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i2.1607

Rahmawati, D., Nuryani, S., & Slamet, S. (2022). Effectiveness of HOTS-based physics test instrument on student critical thinking skills. Journal of Education and Learning (EduLearn), 16(1), 56–65. https://doi.org/10.11591/edulearn.v16i1.20781

Resnick, L. B. (1987). Education and learning to think. National Academy Press.

Saptiani, D. P., Kartono, & Sabri, T. (2021). Pengembangan instrumen tes berbasis HOTS pada subtema hewan dan tumbuhan di lingkungan rumahku kelas IV. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(2), 123–130. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i2.52778

Saputra, H. D., Purwanto, W., Setiawan, D., Fernandez, D., & Putra, R. (2022). Hasil belajar mahasiswa: analisis butir soal tes. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 20(1), 15-27. https://doi.org/10.31571/edukasi.v20i1.3432

Sinaga, N. A. (2016). Pengembangan tes kemampuan pemecahan masalah dan penalaran matematika siswa smp kelas viii. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 169. https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10642

Sopakitiboon, T., Tuampoemsab, S., Howimanporn, S., & Chookaew, S. (2023). Implementation of new-product creativity through an engineering design process to foster engineering students’ higher-order thinking skills. International Journal of Engineering Pedagogy (iJEP), 13(5), 4-15. https://doi.org/10.3991/ijep.v13i5.38863

Warju, W., Ariyanto, S. R., Soeryanto, S., & Trisna, R. A. (2020). Analisis kualitas butir soal tipe hots pada kompetensi sistem rem di sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(1), 95. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v17i1.22914

Widodo, A., & Riandi, R. (2021). Development of HOTS-based test instruments for evaluating critical thinking skills in science. Journal of Physics: Conference Series, 1806(1), 012059. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1806/1/012059

Zaini, M., Suhartono, R., & Amin, M. (2020). Development of HOTS-based assessment instrument in biology learning. European Journal of Educational Research, 9(1), 379–389. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.379

Zohar, A., & Dori, Y. J. (2003). Higher order thinking skills and low-achieving students: Are they mutually exclusive?. The Journal of the Learning Sciences, 12(2), 145–181. https://doi.org/10.1207/S15327809JLS1202_1

Zulpan, Sahrul, S., Yusron, A., Hanida, R., & Marfu’ah, S. (2024). Valitidas tes objektif bentuk pilihan ganda. ppm, 1(3), 10.

https://doi.org/10.47134/ppm.v1i3.812

Downloads

Published

28-10-2025

How to Cite

Dewy, M. S., Mulyana, D., Zulkarnain, S. A. B., Isnaini, M., Simamora, Y., & Imannuel, M. F. (2025). ANALISIS UJICOBA INSTRUMEN TES BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATA KULIAH ELEKTRONIKA DASAR. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 18(2), 117–126. https://doi.org/10.24114/jtp.v18i2.70213