PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SERTA KEMAMPUAN KOLABORASI DAN BERKOMUNIKASI SISWA PADA MATERI VIRUS KELAS X SMA SWASTA SULTAN ISKANDAR MUDA MEDAN

Authors

  • Rina Cristanty Universitas Negeri Medan
  • Herbert Sipahutar Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/jtp.v18i2.70214

Keywords:

Problem based learning (pbl), kemampuan literasi sains, kolaborasi, kemampuan berkomunikasi

Abstract

Perkembangan teknologi yang sangat pesat menuntut siswa untuk terus meningkatkan ilmu pengetahuan sains agar mampu beradaptasi dengan perubahan zaman salah satunya adalah dengan kemampuan literasi sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan literasi sains siswa serta kemampuan kolaborasi dan berkomunikasi siswa di SMA Swasta Sultan Iskandar Muda Medan. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment  dengan desain penelitian  pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel dari penelitian dilakukan dengan teknik cluster random sampling dari populasi. Sampel yang digunakan adalah X-8 sebagai kelas eksperimen  dengan menggunakan model Problem Based Learning dan kelas X-5 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran langsung.  Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengukur kemampuan literasi sains adalah soal pilihan berganda dan essai yang berjumlah 15 soal. Berdasarkan  hasil analisis data menggunakan uji-t dengan nilai Sig. 0,01 < 0,05 menunjukkan bahwa model PBL memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan literasi sains siswa. PBL juga memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan kolaborasi siswa melalui pemecahan masalah secara  berkelompok, bekerja secara produktif, dan berbagi tanggung jawab. PBL juga mendorong peningkatan kemampuan komunikasi siswa baik secara lisan, tulisan, dan bahasa tubuh melalui  kegiatan diskusi kelompok, presentasi, dan memberikan pendapat. Hasil Uji Mann Whitney menunjukkan nilai Sig 0,01 < 0,05 yang  menunjukkan bahwa Model PBL menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen  dan kelas kontrol.  Dengan demikian, model PBL terbukti memberikan pengaruh yang positif dalam mengembangkan ketiga kemampuan tersebut.

References

Andi, P. I., Usman, & Bunga, D. A. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Ditinjau dari Kemampuan Menyelesaikan Soal Fisika di SMAN 2 Bulukumba. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JPSF), 15(3), 17-24

Apriyani, L., Ilah. N., & Ina. S. (2017). Penerapan Model PBL Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Ditinjau Dari Kemampuan Akademik Siswa Pada Materi Biologi. Jurnal Pendidikan dan Biologi, 9(1), 41-54.

Arani, S., Abbas, A., & Abdullah, S. (2023). Problem Based Learning: Why Aren’t teachers using it. Social Sciences & Humanities Open, 1-9

Arends, R.I. (2014). Learning to Teach. New York: Mc Graw-Hill, Companies, Inc.

Dewi, A (2023). Problem Based Learning: Membuka Peluang Kolaborasi dan Pengembangan Skill Siswa. Jurnal Penelitian dan Penjaminan Mutu, 4(1), 1-17

Erniwati, E., Tahang, L., Hunaidah, H., Mongkito, V. H. R., & Fayanto, S. (2020). Kemampuan literasi sains siswa SMA di Kota Kendari: Deskripsi & analysis. Jurnal Kumparan Fisika, 3(2), 99-108.

Husa, F., Wantu, T., & Smith, M. (2022). Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Kemampuan Berkomunikasi Siswa. Student Journal of Guidance and Counseling, 2(1), 39-47

Husnul, F., Annisa, Z. R., Jamaluddin., Abdul, W. J. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108-116

Juriah, & Zulfiani. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Media Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Konsep Perubahan Lingkungan dan Upaya Pelestarian. EDUSAINS, 11(1), 1–11.

Ladika, Z. W., & Mukhayyarotin, N. R. J. (2023). Analisis Profil Kompetensi Literasi Sains Siswa Pada Materi Inti Atom dan Radioaktivitas. Inovasi Pendidikan Fisika, 12(2), 74-80

Meli, S., Ratu. B. R., & Emmawaty, S. (2019). Pengaruh LKS Berbasis Problem Solving Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Dan Kolaborasi Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 1-13

Ngalimun. (2017). Strategi Pembelajaran Dilengkapi dengan 65 Model Pembelajaran. Yogyakarta: Parama Ilmu.

Niswa, N. (2025). Kemampuan Komunikasi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Aritmetika Sosial Melalui Penerapan Problem Based Learning di Madrasah (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).

Nurmayasari, K., Utomo, A., & Sulistyaningsih, H. (2023). Implementasi Pembelajaran Problem Based Learning Materi Perubahan Lingkungan untuk Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi Siswa SMA Negeri 1 Bangorejo. Jurnal Biologi, 1(2), 1-10

OECD. (2022). PISA 2022 – The State of Learning and Equity in Education Volume I. Paris: OECD Publication.

Prameswari, M., Oktavia, P. P., & Wardah, N. N. (2024). Keefektifan Kurikulum Merdeka Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Fase B Melalui Problem Based Learning (PBL). Indo-Math Edu Intellectuals Journal, 5(10), 1306-1316

Puspitarini, D. (2022). Blended Learning Sebagai Model Pembelajaran Abad 21. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(1), 1–6

Rahmaniah, N., & Amaliyah, R. (2022). Public Speaking For Student Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Komunikasi Siswa SMA Negeri I Tinambung. Jurnal Abdimas Indonesia, 2(4), 538-545

Rodliyah, U., & Wirawan, F. (2023). Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi Melalui Model Guided Inquiry Berbasis Education for Suistainable Development Pada Materi Biotik dan Abiotik. Jurnal Tadris IPA, 3(2), 169-179

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Edisi ke-2. Bandung: Alfabeta

Sutrisna, N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 1-6

Wardani, D. A. W. (2023). Problem Based learning: Membuka Peluang Kolaborasi dan Pengembangan Skill Siswa. Jawa Dwipa, 4(1), 1-17.

Winoto, Y. C., & Tego Prasetyo. (2020). ). Efektivitas Model Problem Based Learning Dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 228–238.

Yusmar, F. & Fadilah, R. (2023). Analisis Rendahnya Literasi Sains Peserta Didik Indonesia: Hasil PISA dan Faktor Penyebab. Jurnal Lentera Sains, 13(1), 11-19.

Downloads

Published

28-10-2025

How to Cite

Cristanty, R., & Sipahutar, H. (2025). PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SERTA KEMAMPUAN KOLABORASI DAN BERKOMUNIKASI SISWA PADA MATERI VIRUS KELAS X SMA SWASTA SULTAN ISKANDAR MUDA MEDAN. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 18(2), 127–136. https://doi.org/10.24114/jtp.v18i2.70214