HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS X SMA SWASTA KATOLIK BUDI MURNI 3 MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.24114/jtp.v18i2.70215Keywords:
Hasil Belajar Biologi, Kecerdasan Emosional, Motivasi BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan emosional, motivasi belajar, dan hasil belajar siswa serta hubungan kecerdasan emosional dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Swasta Budi Murni 3 Medan T.P 2024/2025 dan mengetahui kontribusi kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap hasil belajar biologi, indikator kecerdasan emosional dan motivasi belajar manakah yang paling besar berkontribusi terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas X SMA Swasta Budi Murni 3 Medan. Penelitian ini adalah penelitian ex post facto bersifat korelasional, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Budi Murni 3 Medan. Pengambilan sampel dengan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner (angket) dan wawancara. Data dianalisis dengan analisis deskriptif, korelasi berganda dan regresi linear berganda metode stepwise. Hasil penelitian ini mengusulkan kecerdasan emosional siswa kelas X SMA Swasta Katolik Budi Murni 3 Medan berdasarkan pengkategorian kecerdasan emosional yaitu tergolong sangat tinggi, motivasi belajar siswa kelas X SMA Swasta Katolik Budi Murni 3 Medan berdasarkan pengkategorian motivasi belajar yaitu tergolong tinggi, hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Swasta Katolik Budi Murni 3 Medan sebesar 57% berada pada kategori rendah, tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional, dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar biologi, besar kontribusi pengaruh yang diberikan oleh kecerdasan emosional dan motivasi belajar secara bersama-sama sebesar 14,1% terhadap hasil belajar, aspek kecerdasan emosional yang sangat berkontribusi yaitu aspek memotivasi diri sendiri, aspek motivasi belajar yang sangat berkontribusi yaitu aspek kemandirian.References
Adibussholeh HM. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional dengan Kenakalan Siswa. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, 3(2), 151–166.
Aina, M., Budiarti, R. S., Ayu Muthia, G., & Ariani Putri Br Purba, D. (2021). Motivasi Belajar Biologi Peserta Didik Sma Pada Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19. Journal of Biology Education Research, 2(1), 1–12.
Alfath Sman, J. (2023). Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Problem Based Learning Pata Mata Pelajaran Biologi Kelas X SMAN 1 Ketungau Hulu. Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 3(1), 47–53.
Ansori, A. (2020). Kepribadian dan Emosi. In Jurnal Literasi Pendidikan Nusantara (Vol. 1, Issue 1).
Bagja, W., Stkip, S., & Bogor, M. (2018). HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS DI SMP KABUPATEN BOGOR. Jurnal Ilmiah Edutecno, 18(1).
Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140.
Dami, F. J., & Tari, E. (2024). Guru Pendidikan Agama Kristen Yang Profesional Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik. JURNAL PENDIDIKAN & PENGAJARAN (JUPE2), 2(1), 166–184.
Farahani, N., Fitri, R., Selaras, G. H., & Farma, S. A. (2023). Faktor Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi SMA. Jurnal Edukasi Biologi, 9(2), 177–185.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (Vol. 8). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hakim, U., Nurhikmah, H., & Tirtaraharja, U. (2023). Hubungan Kecerdasan Emosional Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Sdn Di Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 8(1), 12-33.
Ikhwani, Najmuddin, & Syarkawi. (2022). Pikiran Sadar dan Bawah Sadar. Jurnal Ilmiah Sains, Teknologi, Ekonomi, Sosial Dan Budaya, 6(2), 21–25.
Jainiyah, Fahrudin, F., Ismiasih, & Ulfah, M. (2023). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6), 1304–1309.
Kasih, S., Marzuki, S., & Silvia, M. (2023). Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Biologi Kelas XI IPS 1 di SMA. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 20643–20651.
Lianti, A., & Nirwana, H. (2023). Hubungan Problem Solving dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hubungan Sosial Siswa. Jurnal Ilmiah Multidisipline, 1(12), 552–560.
Maesaroh, S. (2022). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa. JM2PI: Jurnal Mediakarya Mahasiswa Pendidikan Islam, 3(2), 84–99.
Maitrianti, C. (2021). Hubungan Antara Kecerdasan Interpersonal Dengan Kecerdasan Emosional. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(2).
Nurhalimah, I., Nuraida, I., Komala, C., Sugilar, H., Matematika, P., Sunan Gunung Djati Bandung Jl Soekarno Hatta Gedebage, U., Bandung, K., & Assasul Islamiyah Sukabumi Jl Cagak Cibatu Cikembar Kabupaten Sukabumi, Mt. (2023). Conferences Series Learning Class Peran Multimedia dalam Perspektif Kecerdasan Emosional Siswa. Gunung Djati Conference Series, 32.
NURLIA, N., & ANGGO, S. (2020). Hubungan Kecerdasan Naturalistik dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Di Kota Luwuk. JURNAL PENDIDIKAN GLASSER, 4(2), 97–106.
Pasangka, R. (2020). Pengaruh Kecerdasan Intelektual dan Emosional terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika (Survei pada Siswa SMP Negeri di Bandar Lampung). Jurnal Pendidikan MIPA, 3(2), 114–119.
Permata, I., Aprilia, M., & Asbari, M. (2024). Pengaruh Kecerdasan Intelektual dan Kecerdasan Emosional dalam Perspektif Neurosains di Dunia Pendidikan. JOURNAL OF INFORMATION SYSTEMS AND MANAGEMENT, 03(02).
Priyangga, M., & Zulaikhah, S. (2023). Kecerdasan Emosional Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas Xi Sma Di Bondowoso. Jurnal Pendidikan Bimbingan Dan Konseling , 2(2), 66–74.
Rahman, S. (2021). Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar “Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0” Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar.
Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2017). "Self-Determination Theory and the Facilitation of Intrinsic Motivation, Social Development, and Well-being." American Psychologist, 55(1), 68-78.
Solihin, A. (2023). Simiralitas Pendekatan Pembelajaran AZ-ZARNUJI Dan Kecerdasan Emosional Daniel Goleman. Al-Hasanah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1), 113–132.
Suarca Kadek, Soetjiningsi, IGA, & Ardjana. (2005). Kercerdasan Majemuk pada Anak. Sari Pediatri, 7(2), 85–92.
Syarif, F. (2019). Telaah Interdisipliner Konsep Kecerdasan Intelektual. Journal of Islamic Education, 3(1), 34–54.
Syarif, M. (2023). Perkembangan Kecerdasan Intelektual, Emosional dan Spiritual Anak. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 31–42.
Tangoni, E. Y., & Rondo, P. E. (2022). Analisis Pendidikan Agama Kristen Terhadap Kecerdasan Emosi dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Jurnal Kewarganegaraan, 6(3).
Winda, P., Sjech, U., Djamil, M., Bukittinggi, D., Uin, A., Djamil, S. M., Gurun Aua, J., Putiah, K., Aur, K., Tigo, B., & Bukittinggi, B. (2024). Tingkat Kecerdasan Emosional Siswa Mts S Adat Dan Syara’ Nagari Matur Mudiak Kecamatan Matur Kabupaten Agam. Jurnal Ilmiah Research Student, 1(3), 618–626.
Yulika, R. (2019). Pengaruh kecerdasan emosi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Sengkang. Inspiratif Pendidikan, 8(2), 252-270.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.