EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL SANGGUL PINGKAN DALAM MENINGKATKAN HASIL PRAKTEK SISWA TATA KECANTIKAN SMK

Authors

  • Zeyan Zevana Tanjung Universitas Negeri Medan
  • Astrid Sitompul Universitas Negeri Medan
  • R Mursid Universitas Negeri Medan
  • Isti Mawarda Universitas Negeri Medan
  • Tania Salsabilla Br Sembiring Universitas Negeri Medan
  • Herlin Chintiana Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/jtp.v18i2.70216

Keywords:

efektivitas, video tutorial, sanggul pingkan, hasil praktik, tata kecantikan

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil praktik siswa dalam pembelajaran penataan sanggul tradisional, khususnya sanggul pingkan, yang disebabkan oleh keterbatasan media pembelajaran konvensional seperti buku dan ceramah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran video tutorial sanggul pingkan dalam meningkatkan hasil praktik siswa Tata Kecantikan di SMK Negeri 1 Beringin. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuantitatif dengan desain One Group Pretest–Posttest, melibatkan 30 siswa kelas XI sebagai sampel. Instrumen penelitian berupa lembar observasi praktik dengan lima aspek penilaian, yaitu ketepatan hasil sasakan rambut, bentuk koip, bentuk kepangan, proporsi sanggul, dan peletakan ornamen. Data dianalisis melalui uji-t setelah memenuhi uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pre-test 60 (kategori cukup) dan post-test 80 (kategori baik). Nilai t_hitung = 10,74 > t_tabel = 1,69 (α = 0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan video tutorial efektif meningkatkan hasil praktik siswa secara signifikan. Penerapan media ini membuat proses belajar lebih interaktif, memudahkan pemahaman langkah-langkah teknis, serta meningkatkan keaktifan dan motivasi siswa. Dengan demikian, media video tutorial direkomendasikan sebagai alternatif pembelajaran praktik pada program keahlian Tata Kecantikan di SMK.

References

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.

Elisa, R., Haryati, S., & Rahayu, D. (2022). Pengaruh media video interaktif terhadap hasil belajar teknik pemangkasan rambut siswa SMK. Jurnal Vokasi dan Teknologi Pendidikan, 4(2), 55–63. https://doi.org/10.21009/jvtp.042.55

Itriano, H. (2023). Penggunaan media video tutorial dalam pembelajaran praktik tata rambut. Jurnal Pendidikan Kejuruan Indonesia, 9(1), 77–85. https://doi.org/10.24036/jpki.v9i1.1373

Keller, J. M. (2010). Motivational Design for Learning and Performance: The ARCS Model Approach. New York: Springer.

Kemendikbudristek. (2022). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka di Pendidikan Vokasi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi.

Mayer, R. E. (2014). The Cambridge Handbook of Multimedia Learning (2nd ed.). Cambridge: Cambridge University Press.

Paivio, A. (1986). Mental Representations: A Dual Coding Approach. Oxford: Oxford University Press.

Rubiyati, L. N. (2022). Efektivitas penggunaan video tutorial dalam pembelajaran praktik di SMK. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 7(2), 117–128. https://doi.org/10.31004/jipcb.v7i2.1287

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Utami, R. (2020). Efektivitas media video edukatif sanggul tradisional untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa Pendidikan Tata Kecantikan UNNES. Jurnal Abstrak Media, 2(1), 45–56.

Zeyan, Z. T. (2024). Efektivitas Media Pembelajaran Video Tutorial Sanggul Pingkan dalam Meningkatkan Hasil Praktek Siswa Tata Kecantikan SMK Negeri 1 Beringin. Universitas Negeri Medan.

Downloads

Published

28-10-2025

How to Cite

Tanjung, Z. Z., Sitompul, A., Mursid, R., Mawarda, I., Sembiring, T. S. B., & Chintiana, H. (2025). EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL SANGGUL PINGKAN DALAM MENINGKATKAN HASIL PRAKTEK SISWA TATA KECANTIKAN SMK. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 18(2), 146–153. https://doi.org/10.24114/jtp.v18i2.70216