PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM MENDUKUNG HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA KELAS X DI SMK NEGERI 1 KUTACANE
DOI:
https://doi.org/10.24114/jtp.v18i2.70217Keywords:
Media Pembelajaran Interaktif, HOTS, Algoritma, Pemrograman, SMKAbstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran interaktif untuk mendukung keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) pada mata pelajaran Informatika kelas X di SMK Negeri 1 Kutacane. Latar belakang penelitian berangkat dari minimnya media visual dan digital yang interaktif, kesulitan guru dalam menyajikan materi algoritma dan pemrograman secara menarik, serta kurang optimalnya pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran. Metode penelitian menggunakan pendekatan Reseach and Development (R&D) dengan model ADDIE yang meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrumen penelitian berupa uji kelayakan oleh ahli, uji akseptabilitias pengguna, serta uji efektivitas dengan desain one group pretetst-posttest yang dianalisis menggunakan N-gain. Hasil validasi ahli media memperoleh skor 4,58 dan ahli materi 4,35 dengan kategori “Sangat Layak”. Uji akseptabilitas menghasilkan skor 4,34 dengan kategori “Sangat Tinggi”. Uji efektivitas menunjukkan peningkatan pemahaman siswa dengan N-gain 0,7 kategori “Cukup Efektif”. Dengan demikian, media yang dikembangkan dinilai layak, diterima dengan baik, dan cukup efektif meningkatkan kemampuan HOTS siswa.References
Ariani, N., Masruro, Z., & Seragih, S. (2022). Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. In N. Rismawati (Ed.), Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran (Pertama).
Faizah, H. (2024). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Basicedu.
Hadiyastama, M. (2022). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pembelajaran Abad 21 Pendahuluan. Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia, 1(1), 11–18.
Hidayat, F., Rahayu, C., Barat, K. B., Nizar, M., Coblong, K., & Bandung, K. (2021). Model Addie (Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Addie(Analysis,Design,Development,Implementation And Evaluation) Model In Islamic Education Learning. 28–37.
Kurniawan, A. (2024). Realitas Dan Solusi: Pembelajaran Abad 21 (Studi Kajian Kepustakaan). NALAR: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(1), 1–7.
Maribe, R. (2009). Instructional design: The ADDIE approach. Springer International Publishing.
Marta, M. A., Purnomo, D., Islam, U., Imam, N., & Padang, B. (2025). Konsep Taksonomi Bloom dalam Desain Pembelajaran. 3.
Mustariani. (2023). Pengaruh Teknologi Terhadap Perkembangan Pendidikan Siswa di Era Digital. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam.
Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri Kohod III. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 243–255.
Pagarra H & Syawaludin, D. (2022). Media Pembelajaran. In Badan Penerbit UNM.
Pebriyanti, I., Divayana, D. G. H., & Kesiman, M. W. A. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia pada mata pelajaran informatika kelas VII di SMP Negeri 1 Seririt. KARMAPATI, 10(1), 55–58.
Shoffa, S. (2023). Media Pembelajaran (Issue November). CV.Afasa Pustaka.
Sugiyono, D. (2020). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. In Penerbit Alfabeta.
Watri, Gimin, & Suarman. (2023). Pembelajaran Interaktif (Issue March). Taman Karya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
 
							