PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DALAM MATA PELAJARAN BAHASA JERMAN

Juwita . .

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) kemampuan membaca bahasa Jerman siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kelompok lenih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan strategi pembejaran individual, (2) kemampuan membaca bahasa Jerman siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan membaca bahasa Jerman. Populasi penelitian ini adalah 160 siswa dari 4 kelas X SMA N 17 Medan dan berdasarkan teknik cluster random sampling 80 siswa terpilih sebagai sampel. Instrumen penelitian untuk kemampuan membaca adalah 40 butir soal pilihan berganda dengan 5 pilihan jawaban dan untuk motivasi belajar digunakan angket motivasi belajar. Desain penelitian adalah faktorial 2x2 dan teknik analisis data adalah Analisis Varians (ANAVA) dua jalur pada taraf signifikansi a = 0.05. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan membaca siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kolaboratif lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar Fisika siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran individu, (2) kemampuan membaca siswa dengan motivasi belajar tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan membaca siswa dengan motivasi belajar rendah, dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran dengan motivasi belajar dalam mempengaruhi kemampuan membaca.

 

Kata Kunci: strategi pembelajaran, motivasi belajar, kemampuan membaca, bahasa jerman.

 

Abstract: The objectives of research were to discover: (1) the students reading ability were taught in German language with group instructional strategy and individual instructional strategy, (2) the students reading ability who have high motivation learning than that having low motivationlearning, and (3) whether there was an interaction between learning strategy and motivation learning on students reading ability. The population of the study was 160 students from three classes Grade X State 17th Senior High School Medan and based on cluster random sampling technique 80 students were chosen as the sample. The research instrument used to test the reading ability in German language was a 40 items multiple choice with five options and a test of motivation learning used questioner motivation learning. The design of the research was 2x2 factorial while and the technique of data analysis was a two-way Analysis of Variance (ANOVA) at the level of significance a = 0.05. The results of data analisysis showed that: (1) the students reading ability were taught in German language with group instructional strategy and individual instructional, (2) the students reading ability who have high motivation learning than that having low motivation learning, and (3) there was an interaction between learning strategy and motivation in affecting students reading ability in german language

 

Keywords: learning strategy, learning motivation, reading ability, german language.

Keywords


strategi pembelajaran, motivasi belajar, kemampuan membaca, bahasa jerman.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v10i1.8714

Article Metrics

Abstract view : 376 times
PDF - 342 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.