PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui hasil belajar bahasa Arab siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran komunikatif lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran struktural, (2) untuk mengetahui hasil belajar bahasa Arab siswa yang komunikasi interpersonal tinggi lebih tinggi daripada siswa yang komunikasi interpersonal rendah, (3) untuk mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dengan komunikasi interpersonal terhadap hasil belajar bahasa Arab. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dan Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur. Temuaan penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar bahasa Arab siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran komunikatif lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran struktural, (2) hasil belajar bahasa Arab siswa komunikasi interpersonal tinggi lebih tinggi dari hasil belajar siswa komunikasi interpersonal rendah, (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan komunikasi interpersonal terhadap hasil belajar bahasa Arab. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan adanya interaksi antara strategi pembelajaran dengan komunikasi interpersonal terhadap hasil belajar bahasa Arab, untuk itu disarankan agar guru dapat menggunakan strategi pembelajaran yang disesuaikan dengan ciri siswa termasuk komunikasi interpersonal sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: strategi komunikatif, komunikasi interpersonal, hasil belajar, bahasa arab.
Abstract: This research was aimed to find out: (1) the achievement in Arab langunge with communicative strategy is higher than structural instructional strategy (2) the achievement of Arab langunge high interpersonal communication students ’is higher than students’ with low interpersonal communication, (3) interaction between instructional strategy and interpersonal communication on the students’ achievement in Arab language. The research method used quasi-experiment. Technique of analyzing data used ANOVA of two ways. The finding of the research showed that: (1) the students’ achievement in Arab languange that taught by communicative strategy is higher than the students’ achievement that taught by structural strategy, (2) the students’ achievement in Arab language students’ with high Interpersonal communication is higher than students’ with low interpersonal communication, (3) be found interaction between instructional strategy and the Interpersonal communiaction on the students’ achievement in Arab language. Summary this research found interaction between instructional strategy and the interpersonal communication on the students’ achievement in Arab language, for teacher must taugh instructional strategy find with students’ charecteristic imploying the interpersonal communication for students’ achievement.
Keywords: communicative strategy, interpersonal communication, learning outcomes, Arab language
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v10i1.8719
Article Metrics
Abstract view : 357 timesPDF - 344 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.