PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA MTs ULUMUL QUR’AN LANGSA PROPINSI ACEH

Wahyu Budi Wiyono

Abstract


Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) hasil belajar PKn siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran generatif dan hasil belajar PKn siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori, (2) hasil belajar PKn antara siswa dengan kemandirian tinggi dan hasil belajar PKn siswa dengan kemandirian rendah, dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan kemandirian terhadap hasil belajar PKn. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan quasi eksperimen disain faktorial 2 x 2. Melalui disain ini akan dibandingkan pengaruh strategi pembelajaran generatif dan ekspositori terhadap hasil belajar PKn ditinjau dari karakteristik kemandirian siswa. Strategi pembelajaran generatif dan ekspositori diperlakukan kepada kelompok eksperimen siswa dengan kemandirian yang berbeda. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar PKn siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran generatif lebih tinggi, (2) hasil belajar PKn siswa dengan kemandirian tinggi lebih tinggi dibandingkan siswa dengan kemandirian rendah, (3) hasil belajar PKn siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran generatif dan kemandirian tinggi lebih tinggi, (4) hasil belajar PKn siswa dengan yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori dengan kemandirian tinggi lebih tinggi, (5) hasil belajar PKn siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran generatif dan kemandirian tinggi lebih tinggi, dan (6) hasil belajar PKn siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran generatif dan kemandirian rendah lebih rendah.

 

Kata Kunci: strategi pembelajaran generatif dan ekspositori, kemandirian, hasil belajar, PKn

 

Abstract: The purpose of this research is to know: (1) learning outcomes of Civics students are taught with generative learning strategies and learning outcomes of Civics students taught by expository learning strategies, (2) learning outcomes of Civics between students with high independence and student learning outcomes with low self-reliance, and (3) the interaction between learning strategies and independence of Civics learning outcomes. This research uses experimental method with quasi design of 2 x 2 factorial design. Through this design will be compared the influence of generative and expository learning strategy toward the result of Civic learning in terms of the characteristics of student independence. Generative and expository learning strategies are treated to student experiment groups with different independence. The research findings show that: (1) the students' learning outcomes are taught by the higher generative learning strategy, (2) the students' Pkn learning outcomes of PKn with higher independence than the students with low self-reliance, (3) the students' Pkn learning outcomes taught by the strategy generative learning and higher autonomy are higher, (4) student learning outcomes of PKn with those taught with expository learning strategies with higher autonomy, (5) student learning outcomes Pkn of students who are taught with generative learning strategies and higher autonomy, and (6) ) students' PKn learning outcomes are taught with generative learning strategies and lower self-reliance

 

Keywords: generative learning strategies and expository, independence, learning outcomes, PKn

Keywords


strategi pembelajaran generatif dan ekspositori, kemandirian, hasil belajar, PKn

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v10i1.8723

Article Metrics

Abstract view : 43 times
PDF - 51 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.