PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Novalina Evodya Tumanggor

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa yang diajar dengan metode pembelajaran simulasi lebih tinggi daripada hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa yang diajar dengan metode pembelajaran ekspositori, (2) hasil belajar pendidikan kewarganegaraan siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik lebih tinggi daripada siswa yang memiliki gaya belajar auditori, dan (3) interaksi antara metode pembelajaran dan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis varian dua jalur (ANAVA) dengan taraf 15α">  = 0,05, dan diuji dengan menggunakan uji Tukey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Metode pembelajaran simulasi memberikan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa yang lebih baik bila dibandingkan dengan metode pembelajaran ekspositori, (2) Kelompok siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik memperoleh skor hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan yang lebih baik bila dibandingkan dengan kelompok siswa yang memiliki gaya belajar auditori, (3) Terdapat interaksi antara metode pembelajaran dengan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan.

 

Kata Kunci: metode pembelajaran, gaya belajar, pendidikan kewarganegaraan

 

Abstract: This study aims to find out: (1) learning outcomes of Citizenship Education of students who are taught by simulation learning method is higher than learning outcomes of Civic Education students are taught by expository learning method, (2) learning outcomes of citizenship education of students who have kinestetik learning style higher than students who have an auditory learning style, and (3) the interaction between learning methods and learning styles in influencing the outcomes of Civic Education. This research method is quasi experiment with 2 x 2 factorial design. The analysis technique used is two way variance analysis (ANOVA) with level = 0,05, and tested by using Tukey test. The result of the research shows that: (1) The simulation learning method gives better learning outcomes of Civic Education students when compared with the expository learning method, (2) The group of students who have kinesthetic learning style get better result of Civic Education learning scores compared to the group students who have an auditory learning style, (3) There is an interaction between learning methods with learning styles in influencing the learning outcomes of Civic Education.

 

Keywords: learning method, learning style, civic education


Keywords


metode pembelajaran, gaya belajar, pendidikan kewarganegaraan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v10i2.8731

Article Metrics

Abstract view : 320 times
PDF - 204 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.