PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN POTENSI AKADEMIK TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA SMK NEGERI JURUSAN AKUNTANSI KOTA MEDAN

Weny Nurwendari

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui kelompok siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran berbasis media interaktif latihan dan praktik memperoleh hasil belajar TIK lebih tinggi dibanding kelompok siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran berbasis media interaktif tutorial, (2) untuk Mengetahui hasil belajar TIK siswa kelas XI SMA yang memiliki kreativitas tinggi lebih tinggi daripada siswa yang memiliki kreativitas rendah (3) untuk mengetahui adanya interaksi antara strategi pembelajaran berbasis media interaktif dan kreativitas dalam mempengaruhi hasil belajar siswa dalam mata pelajaran TIK. Hasil penelitian adalah: (1) rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran berbasis media interaktif latihan dan praktik lebih tinggi dari pada rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran berbasis media interaktif (2) rata-rata hasil belajar siswa dengan kreataivitas tinggi lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa dengan kreativitas rendah  (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kreativitas terhadap hasil belajar TIK kelas XI SMA dengan Fhitung = 31,23 > Ftabel = 3,98. Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa strategi pembelajaran yang tepat digunakan pada siswa yang memiliki kreativitas tinggi adalah strategi pembelajaran berbasis media interaktif sedangkan siswa dengan kreativitas rendah, strategi yang tepat digunakan adalah strategi berbasis media interaktif tutorial.

 

Kata Kunci: model pembelajaran, potensi akademik, hasil belajar.

 

Abstract: The objectives of this research are: (1) to know the Student achievement of accounting taught by instructional model using creative problem solving was higher than the students achievement of accounting taught by instructional model using contextual teaching and learning, (2) to know the students achievement of accounting having the academic potential of high was higher than the academic of low, and (3) to know the interaction between instructional model and the academic potential on the student achievement in accounting. The result of the study showed : (1) The average of the students achievement taught by instructional model using creative problem solving was was higher than the average of students achievement taught with instructional model using contextual teaching and learning (2) The average of the ability of high academic potential was was higher than the average of the academic potential of low was (3) be found interaction between instructional model and the academic potential on the students achievement of accounting with Fhitung = 13.55 > Ftabel = 3.97. Based on the data analysis, it can be concluded that the students having the academik potential of high should use instructional model using creative problem solving, while the students having the academic potential of low should use instructional model using contextual teaching and learning.

 

Keywords: model of learning, academic potential, student’s achievement

Keywords


model pembelajaran, potensi akademik, hasil belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v10i2.8733

Article Metrics

Abstract view : 326 times
PDF - 210 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.