PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KEPALA BERNOMOR STRUKTURDAN TIPE CONCEPT SENTENCE PADA MATA PELAJARAN OTOMATISASI TATA KELOLA KEPEGAWAIAN KELAS XI SMK SWASTA BUDI AGUNG MEDAN T.P 2019/2020

Andi Hidaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor Struktur dan Tipe Concept Sentence Pada Mata Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian Kelas XI SMK Swasta Budi Agung Medan T.P 2019/2020.

            Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Budi Agung Medan yang beralamat di Jalan Platina Raya No. 7, Rengas Pulau, Kec. Medan Marelan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AP SMK Swasta Budi Agung Medan yang berjumlah 98 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan teknik purposive sampling.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen I yaitu 60,14 dan post-test 84,14 dengan standar deviasi 10,22 dan 8,19. Sedangkan  nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen II yaitu 60,00 dan post-test 83,87 dengan standar deviasi 9,70 dan 8,77. Pengujian hipotesis dengan uji t dari hasil post-test yang dilakukan pada model pembelajaran Kepala Bernomor Struktur nilai thitung> ttabel yaitu 60,732 > 1,306 serta nilai sig < 0,05 = 0,00 < 0,05 dan padamodel pembelajaran Concept Sentence nilai thitung> ttabel yaitu 54,197 > 1,307 serta nilai sig < 0,05 = 0,00 < 0,05. Melalui kriteria pengujian hipotesis dengan uji t dapat di simpulkan bahwa hipotesis diterima. Sehingga artinya ada perbedaan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran tipe Kepala Bernomor Strukturdan tipe Concept Sentence.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/judika.v9i3.36442

Article Metrics

Abstract view : 50 times
PDF - 43 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

 

slot gacor slot