PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI, DISIPLIN BELAJAR, DAN KREATIVITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI AP SMK SWASTA PRAYATNA 1 MEDAN T.A 2018/2019

Reza Fauzan Utama, Hasyim Hasyim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh antara motivasi berprestasi terhadap kreativitas belajar Kewirausahaan siswa kelas XI Jurusan AP SMK Prayatna 1 Medan T.A 2018/2019.2) pengaruh antara disiplin belajar terhadap kreativitas belajar Kewirausahaan siswa kelas XI Jurusan AP SMK Prayatna 1 Medan T.A 2018/2019.3) pengaruh antara motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar Kewirausahaan siswa kelas XI Jurusan AP SMK Prayatna 1 Medan T.A 2018/2019. 4) pengaruh antara disiplin belajar terhadap prestasi belajar Kewirausahaan siswa kelas XI Jurusan AP SMK Prayatna 1 Medan T.A 2018/2019. 5) pengaruh antara kreativitas belajar terhadap prestasi belajar Kewirausahaan siswa kelas XI Jurusan AP SMK Prayatna 1 Medan T.A 2018/2019. 6) pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi berprestasi, disiplin belajar dan kreativitas belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Kewirausahaan siswa kelas XI Jurusan AP SMK Prayatna 1 Medan T.A 2018/2019. Penelitian ini dilakukan di SMK Swasta Prayatna 1 Medan dengan populasi sebanyak 104 siswa dan sampel sebanyak 51 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur motivasi berprestasi, disiplin belajar, kreativitas belajar berupa angket dan untuk mengukur prestasi belajar kewirausahaan siswa digunakan Daftar Kumpulan Nilai kewirausahaan siswa kelas XI A.P SMK Swasta Prayatna 1 Medan T.A 2018/2019. Teknik analisis data adalah dengan menggunakan regresi linear berganda dan untuk menguji hipotesisnya dengan menggunakan uji-t dan uji-f dengan menggunakan bantuan program SPSS 24.0. Hasil analisis data diperoleh persamaan regresi berganda yaitu Y = 7,982 + 0,307 X1 + 0,371 X2 + 0,239X3 + e. Hasil uji-t untuk variabel Motivasi Berprestasi (X1) memiliki pengaruh yang signifkan secara parsial terhadap prestasi belajar kewirausahaan siswa dengan nilai thitung>ttable (3,590 > 1,677) dan nilai sig (0,001 < 0,05). Sedangkan disiplin belajar siswa (X2) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar kewirausahaan dengan nilai thitung>ttable (5,929 > 1,677) dan nilai sig (0,000 < 0,05). Sedangkan KreativitasBelajar (X3) thitung>ttable (3,485 > 1,677) dan nilai sig (0,001 < 0,05). Secara bersama-sama motivasi berprestasi, disiplin belajar dan kreativitas belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar kewirausahaan dengan nilai sig < 0,05 atau 0,000 < 0,05. Persentase sumbangan pengaruh motivasi berprestasi, disiplin belajar dan kreativitas belajar terhadap prestasi belajar kewirausahaan siswa sebesar 86,2%.



Full Text:

PDF

References


AA. Anwar Prabu Mangkunegara. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Amri Sofan. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta : Rineka Cipta.

Andriansyah, dkk. 2014. Menjadi Tutor Terampil dan Profesional. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Anggraini, Ridha. 2013. Hubungan Kreativitas Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar Kewirausahaan SMK Swasta Parulian 1 Medan Kelas XI Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan.

Arifin,Zainal. 2013. Evaluasi Pembelajaran ( Prinsip,Teknik,dan Prosedur). Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

_________________. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

_________________. 2010. Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi. Jakarta : Rineka Cipta.

Amelia, Ririn, Nora Susanti, Desi Areva. 2014. Pengaruh Kreativitas, Intensitas Belajar, dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Akuntansi Kelas XII IPS SMA Negeri 2 Sijunjung. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, STKIP PGRI Sumatra Barat Vol 4 Nomor 2.

Azainil. 2014. Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Kemandirian Belajar Terhadap Kreativitas Belajar Matematika Materi Pokok Fungsi Kuadrat Pada Siswa Kelas X Man 2Samarinda Tahun Pembelajaran 2013/2014. Jurnal Teknologi dan Pendidikan. ISSN 1411-0229 Vol 15 NO. 1.

Djali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta

Gusnita. Yuni. 2014. Pengaruh Disiplin Belajar Siswa dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X di SMA 8 Medan Skripsi FE UNIMED.

Hamalik, Oemar. 2013. Psikologi Belajar dan Mengajar. Malang : PT. Sinar Baru Algensido.

Handoyo. 2015. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Jakarta: Raja Gafindo Persada.

Harefa, Elsi. 2014.Pengaruh Kreativitas Belajar dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Kabanjahe Tahun Pembelajaran 2013/2014. Jurnal Ilmu Pendidikan.

Harjanto, Eka. 2015. Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Kompetensi Pedagogik Terhadap Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan. ISSN 0852-1921, Vol 24 No. 5 (http://ap.fip.um.ac.id).

Hasbullah. 2014. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

________. 2015. Otonomi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hasibuan, Ahmad Afandi. 2013. Hubungan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Bidang Study Ekonomi Kelas XII SMK Taman Siswa Medan Tahun Ajaran 2009/2010. Jurnal Ilmu Pendidikan.

Kartono, Kartini. 2013. Segi Psikologi II: Menyiapkan Dan Memandu Karir Jakarta. Balai Pustaka.

Marwanti. 2014. Modul Sebagai Sistem Belajar KBK. Yogyakarta.

Mangkunegara. 2014.Karakteristik Motivasi Berprestasi. Bandung: Rosdakarya.

Moenir, A.S. 2015. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Muhammadin, Ayatullah. 2015. Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru dan Kreaktivitas Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa PadaMata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMK SWASTA BUDI SATRIA MEDAN.T.A 2014/2015.

Mulyasa.2013. Menjadi Guru Profesional. Bandung : Alfabeta.

Munandar, Utami. 2015.Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Mustari,Muhammad. 2014. Nilai Karakter. Jakarta: PT. Rajawali Pers.

Nasution, Mulia. 2014. Manajemen Personalia. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nasution, Sumaatmadja. 2013. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Bumi Aksara.

Nasution, Noehi. 2014. Membangkitkan Minat Belajar Anak. Jakarta: Bina Aksara.

Oemar, Hamalik. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Bumi Aksara

Pranata, 2013. Motivasi Berprestasi. Surabaya : PT. Gramedia

Pranita, 2013, Pengaruh Disiplin Belajar dan Media Pembelajaran Terhadap Kreativitas Belajar Mata Diklat Kewirausahaan Siswa Kelas X SMK Surya Nusantara Tebing Tinggi Ajaran 2010/2011.

Purwanto, M. Ngalim. 2013. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Rusyan A. Tabrani 2014. Pendekatan dalam proses belajar mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Sagala, Syaiful.2013. Etika dan Moralitas Pendidikan. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: CV. Rajawali.

Sigalingging. 2015. Strategi Pengembangan Kreativitas. Jakarta : CV. Rajawali.

Slameto.2013.Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Snochib. 2003. Pola asuh Orang Tua. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudarma. Momon.2013. Mengembangkan Keterampilan Mengajar dan Berpikir Kretif. Jakarta :PT Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2017. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung Remaja: Rosdakarya.

. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Syah, Muhibbin. 2014. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Trianto. 2013. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT. Gramedia.

______. 2014. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Bumi Aksara.

Tu’u,Tulus.2017. Peran Disiplin Pada Prilaku Dan Prestasi Siswa. Bandung: PT.Rosdakarya

Uno, H. B. 2014. Profesi Kependidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Wahab. 2015. Metode dan Model-Model Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Wibowo, Sunardi, Mulyadi. 2014. Hubungan Antara Motivasi dan Disiplin dengan Prestasi Belajar Siswa SMK Negeri 1 Pracimantoro Semester 1 Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Ilmu Pendidikan UNS. ISSN: 2354-6441. Vol 2, Nomor 3 Mei 2014.

Yani, Ahmad. 2015. Hubungan Motivasi Berprestasi Dan Disiplin belajarDengan Prestasi Renang 50 Meter Gaya Bebas. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran. ISSN. 2443- 1923




DOI: https://doi.org/10.24114/judika.v11i2.41612

Article Metrics

Abstract view : 119 times
PDF - 147 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.