PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KUIS BERBASIS KAHOOT DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN OTK HUMAS DAN KEPROTOKOLAN KELAS XI MPLB DI SMK NEGERI 1 MEDAN T.A 2023/2024

Mayangsari Indriani, Nelly Armayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kuis
berbasis kahoot dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran OTK
Humas dan Keprotokolan kelas XI MPLB Di SMK Negeri 1 Medan. Jenis penelitian ini
adalah eksperimen. Hasil penelitian diperoleh rerata pretest siswa kelas eksperimen dan
kontrol berturut-turut =58,82 dengan SD =8.444 dan 58,29 dengan SD =8.907, sedangkan
nilai setelah menggunakan aplikasi kahoot =83,97 dengan SD =10.715, dan powerpoint
=75,14, dengan SD =9.274. Diperoleh bahwa data hasil belajar siswa yang menggunakan
kahoot dan minat tinggi =87,17 dan minat rendah =74,54 lebih besar dari hasil belajar siswa
yang menggunakan powerpoint dan minat tinggi =76,05 dan minat rendah =74,37 dengan
nilai sig. 0,008, jadi, hipotesis tersebut menolak H0 dan menerima Ha. Simpulan, bahwa
terdapat pengaruh interaksi antara penggunaan media kuis berbasis kahoot dan minat belajar
terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran OTK Humas dan Keprotokolan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/judika.v12i2.54244

Article Metrics

Abstract view : 79 times
PDF - 47 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.