PENGARUH PROFESIONALISME GURU DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR KEJURUAN KELAS X JURUSAN MANAJEMEN PERKANTORAN DAN LAYANAN BISNIS (MPLB) SMKS BINA SATRIA T.A 2022/2023

Muhammad Ridwan, Nelly Armayanti

Abstract


Untuk mewujudkan pembangunan nasional pada bidang pendidikan sesuai dengan tujuan
pendidikan nasional, diperlukannya penyempurnaan kualitas pendidikan dalam hal ini
berkaitan dengan kegiatan proses belajar mengajar. Adapun komponen-komponen yang
dalam meningkatkan kualitas pendidikan yaitu antara lain seperti siswa, guru, kurikulum,
sarana prasarana, lingkungan belajar dll. Akan tetapi rendahnya kualitas pendidikan telah
mengakibatkan dampak secara langsung pada sumber daya manusia bangsa kita. Karena
untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas hanya dapat diperoleh melalui
pendidikan yang bermutu. Penelitian ini dilaksanakan di SMKS Bina Satria Medan yang
beralamat di Jalan Marelan Raya Pasar 1 No. 1, Tanah Enam Ratus, Kec, Medan Marelan,
Kota Medan, Sumatra Utara. Waktu penelitian dilakukan pada semester genap pada tahun
pembelajaran 2022/2023. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas X jurusan Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis di SMKS
Bina Satria Medan yang terdiri dari 3 kelas yang keseluruhannya berjumlah 113 siswa.
didapatkan ukuran sampel sebanyak 53 siswa pada penelitian ini. Guru memahami
kemampuan dan karakter yang dimiliki oleh masing-masing siswa memperoleh nilai baik.
Kata kunci: Guru, Pendidikan, Profesionalisme


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/judika.v12i2.54245

Article Metrics

Abstract view : 88 times
PDF - 65 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.