PENINGKATAN FUNGSI KOMUNIKASI DAN KOORDINASI DALAM MEWUJUDKAN TATAKELOLA PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS PERIZINAN TERPADU KOTA TEBING TINGGI

Naomi Manurung, Dodi Pramana, Rotua Simanjuntak

Abstract


Perizinan merupakan salah satu aspek penting dalam pelayanan publik, kendatipun
tidak dibutuhkan setiap hari, namun sangatlah berperan penting bagi kehidupan kita.
Tanpanya, banyak yang tidak dapat kita lakukan karena izin adalah bukti penting secara
hukum. Tidak ada bagian lain dalam domain publik tempat interaksi antara pemerintah
dan masyarakatnya begitu jelas dan langsung selain pada bagian pelayanan perizinan.
Sebagai garda terdepan atas pelayanan pemerintah terhadap masyarakat, dapat
dikatakan kinerja pemerintah secara keseluruhan benar-benar dinilai dari seberapa baik
pelayanan perizinan ini Kebijakan dan implementasi pelayanan perizinan terpadu dapat
dikatakan efektif ketika dapat menjawab keinginan masyarakat. Kebijakan dan
implementasi juga harus bersinergi diantara para stakeholders perizinan baik itu
pelaksana dan konsumen perizinan maupun para akademisi/ universitas. Impelmentasi
berbasis teknologi akan mendorong pelayanan perizinan lebih efesien.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/judika.v12i2.54254

Article Metrics

Abstract view : 82 times
PDF - 48 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.