PENGARUH MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN DAN THE BIG FIVE PERSONALITY TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN

Nindi Dewi Orizasyativa, Nelly Armayanti, Dodi Pramana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan dan The Big Five Personality terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran Stambuk 2020 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi, penyebaran angket dan dokumentasi. Uji validitas analisis butir kuesioner menggunakan rumus korelasi Product Moment, reliabilitas menggunakan cronbach alpha. Teknik analisis data yang digunakan Uji Normalitas, Uji Reliabilitas, Uji Linearitas, Uji Multikolinearitas, Uji T dan Uji F. Pengolahan data menggunakan SPSS versi 25 diperoleh hasil perhitungan menunjukkan thitung 3,084 > ttabel 1,663 dengan signifikan 0,003 < 0,05 menjelaskan terdapat pengaruh positif dan signifikan mata kuliah kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha. Kemudian diperoleh thitung 7,143 > ttabel 1,663 dengan signifikan 0,000 < 0,05 menjelaskan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan the big five personality terhadap intensi berwirausaha. Uji F diperoleh Fhitung 26,739 > Ftabel 3,11 dan significant (α) = 0,05 (0,00 < 0,05) menjelaskan bahwa Mata Kuliah Kewirausahaan dan the big five personality berpengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama terhadap intensi berwirausaha dan diperoleh koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0,398. Kata kunci : Mata Kuliah Kewirausahaan, The Big Five Personality, Intensi Berwirausaha

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/judika.v13i1.60185

Article Metrics

Abstract view : 42 times
PDF - 43 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.