Pengembangan Model Pembelajaran Hybrid Learning dengan Pendekatan Problem Based Learning pada Matakuliah Pengantar Sosiologi

Trisni Andayani, Harun Sitompul, Julaga Situmorang

Abstract


Telah dilakukan pengembangan model pembelajaran hybrid learning dengan pendekatan problem based learning (PBL) pada matakuliah Pengantar Sosiologi. Model pembelajaran hybrid Learning dengan pendekatan PBL matakuliah Pengantar adalah pembelajaran yang secara khusus dipergunakan pada perkuliahan tatap muka dan online di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan. Tujuan dari pengembangan model pembelajaran ini adalah agar dapat memberikan pedoman bagi dosen pengampu matakuliah Pengantar Sosiologi maupun mahasiswa dalam merencanakan, mengelola, mengembangkan serta mengevaluasi kegiatan pembelajaran.Dengan diintegrasikannya model hybird learning dan PBL dalam pembelajaran  dapat meningkatkan pemahaman materi ajar dan capaian hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini telah berhasil merancang buku model, rencana pelaksanaan pembelajara, bahan ajar cetak dan bahan aajar non cetak yang telah divalidasi ahli. Berdasarkan data yang diperoleh diketahui bahwa model pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan layak dan efektif untuk meningkatkan capaian hasil belajar.


Keywords


hybrid learning, problem based learning.

Full Text:

PDF

References


Abdurrozak, Rizal., Kurnia Jayadinata, Asep dan Isrok ‘Atun. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pena Ilmiah. Vol. 1, No, 1 2016 p. 871-880.

Ahmad, Zaiha dan Ismail, Isma Zuriyya. Utilization of Hybrid Learning in Accomplishing Learning Satisfaction as Perceived by University Student International Journal of e-Education, e-Business, e-Management and e-Learning, Vol. 3, No. 2, April 2013.http://www.ijeeee.org/Papers/200-ET004.pdf p. 98-101.

Association for Educational Communication and Technology. The Definition of Educational Terminology. Alihbahasa: Arief S. Sadiman dkk. Jakarta: Rajawali 1986.

Asyrofi, M. dan Junaedi, Iwan. Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau Dari Multiple Intellingence Pada Pembelajaran Hybrid Learning Berbasis Konstruktivisme. Jurnal UJMER Vol 5 No. 1 2016 p. 32-39.

Bainamus, Putri Miland., Hartanto, dan Abdullah, M. Ilham. Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Curup Tengah. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 11, Nomor 2, Juli 2017 p. 16-23.

Dick, Walter., Carey, Lou., dan Carey, James O. The Systematic Design of Instruction. Seventh Edition. New Jersey: Pearson, 2009.

Fatimah, F. dan Widiyatmoko, A. Pengembangan Science Comic: Berbasis Problem Based Learning Sebagai Media Pembelajaran Pada Tema Bunyi dan Pendengaran Untuk Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 3 (2). 2014. p. 65-74.

Fazlollahtabar, Hamed dan Sharma, Narendra K. E-Learning versus Face-to-Face Learning: An Economic Analysis of Higher Educational Systems in Iran. International Journal of Cyber Society and Education Pages 49-60, Vol. 1, No. 1, March 2008 p. 49-60.

Fitriana, Nurin. Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Pada Mata Kuliah Pemisahan Kimia Materi Kromatografi Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar. Jurnal: Erudio Vol 4 No 1 2017 p. 46-54

Gall, Meredith D., Gall, Joyce P. dan Borg, Walter R. Education Research: An Introduction. Eight Edition. Boston: Pearson Education, 2007.

Indarto, Pungki., Fatoni, Muhad., dan Nurhidayat. Model Pembelajaran Hybrid Learning pada Mata Kuliah Sepakbola di Pendidikan Olahraga FKIP UMS. Journal Of Sport Science And Education (Jossae) Vol: 3, No: 2 October 2018 p. 69-75.

Lewis, S., Whiteside, A., dan Dikkers, A. Garrett. Autonomy and Responsibility: Online Learning as a Solution for At-Risk High School Students. International Journal of E-Learning & Distance Education. Volume 29 (2) 2014 p. 1-11.

Nafiah, Yunin Nurun., dan Suyanto. Penerapan Model Problem-Based Learning Untuk eningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 4, Nomor 1, Februari 2014 p. 125-143.

Reiser, Robert A. dan Dempsey, John V. Trends and Issues In Instructional Design and Technology. New Jersey: Pearson Merril Prentice Hall, 2007.

Shams, Idee Edalati. Hybrid Learning and Iranian EFL Learners; Autonomy in Vocabulary Learning. Procedia Social and Behavioral Sciences Journal Nol. 93, 2013 p. 1588-1602

Siregar, Eveline dan Nara, Hartini. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia, 2010.

Tuapattinaya, Prelly. M.J. Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Hybrid Learning Untuk Meningatkan Hasil Belajar Siswa Pada SMP Negeri 6 Ambon. Jurnal Biology Science & Education Vol. 1 No.1 2017 p. 186-192.




DOI: https://doi.org/10.24114/jupiis.v12i2.20155

Article Metrics

Abstract view : 2848 times
PDF - 1166 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.24114/jupiis.v12i2.20155.g14649

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JUPIIS: JURNAL PENDIDIKAN ILMU-ILMU SOSIAL

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial

Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License