PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Juliati Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Samudra, Jl, Prof. Dr. Syarief Thayeb, Meurandeh, Langsa, Aceh, Indonesia
  • Afaf Atiqah Prodi pendidikan guru sekolah dasar, Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas samudra, jalan prof.syarief thayeb ,kota langsa, provinsi nangroe aceh darusalam, negara indonesia, kode pos 24415
  • Apri Boy Sebayang Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Samudra, Jl, Prof. Dr. Syarief Thayeb, Meurandeh, Langsa, Aceh, Indonesia
  • Bahagia Fitri Ningsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Samudra, Jl, Prof. Dr. Syarief Thayeb, Meurandeh, Langsa, Aceh, Indonesia
  • Nadia Chalaska Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Samudra, Jl, Prof. Dr. Syarief Thayeb, Meurandeh, Langsa, Aceh, Indonesia
  • Siti Yuli Khairani Daulay Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Samudra, Jl, Prof. Dr. Syarief Thayeb, Meurandeh, Langsa, Aceh, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24114/edukasikultura.v12i1.65836

Abstract

This study aims to examine the influence of the contextual teaching and learning (CTL) approach on improving elementary students’ writing skills. The method used is a systematic literature review by analyzing various relevant sources. The findings indicate that the contextual approach helps create meaningful learning by connecting the lesson content with students’ real-life experiences. This approach not only enhances students' understanding but also fosters active engagement, creativity, and the ability to express ideas in written form. Therefore, CTL is highly recommended for writing instruction in elementary education.

References

Ali, M. (2021). Peningkatkan kemampuan membaca dan menulis permulaan dengan media gambar untuk kelas 2 pada SDN 93 Palembang. PERNIK, 4(1), 43–51.

Aprelia, D. A., Baedowi, S., & Mudzantun, M. (2019). Pengaruh pendekatan kontekstual dalam meningkatkan keterampilan.

Hidayat, M. S. (2012). Pendekatan kontekstual dalam pembelajaran. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 17(2).

Khalik, I. (2021). Peningkatan kemampuan menulis cerita pendek sebagai terapi ekspresif terhadap emosi pada peserta didik kelas XI MAN 3 kota Jambi. Jurnal Literasiologi, 6(2), 556–567.

Kuswandi, S., & Putri, N. D. (2021). Penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi bebas pada siswa kelas V SD. Jurnal Tahsinia, 2(1), 97–109.

La Rakima, H., & Wulandari, S. (2022). Meningkatkan keterampilan menulis permulaan melalui bimbingan belajar dari rumah dengan menggunakan media gambar di Kelompok B TK Lolena Kecamatan Oba Tengah Kota Tidore Kepulauan. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 4(1), 37–44.

Maryana, S., & Sukmawati, W. (2021). Meningkatkan keterampilan menulis karangan sederhana melalui pendekatan contextual teaching and learning (CTL). Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 7(4), 205–212.

Munawarah, M., & Zulkiflih, Z. (2021). Pembelajaran keterampilan menulis (Maharah al-Kitabah) dalam Bahasa Arab. Loghat Arabi: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 22–34.

Wiratama, N. A., Fatimah, I. D., & Widiyati, E. (2022). Meningkatkan keterampilan menulis deskripsi melalui pendekatan kontekstual pada siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3428–3434.

Published

2025-05-24

How to Cite

Juliati, Atiqah, A., Sebayang, A. B., Ningsi, B. F., Chalaska, N., & Daulay, S. Y. K. (2025). PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PADA SISWA SEKOLAH DASAR. EDUKASI KULTURA JURNAL BAHASA SASTRA DAN BUDAYA, 12(1), 10–15. https://doi.org/10.24114/edukasikultura.v12i1.65836