Meningkatkan Pemahaman Tenses Melalui Media Pembelajaran Wheel of Tenses di Kelas IV SD Rolina
Abstract
Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan kajian mengenai efektivitas media pembelajaran berbasis permainan dalam meningkatkan pemahaman grammar, khususnya tenses, meskipun memiliki dampak signifikan pada pembelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menggambarkan penerapan media Wheel of Tenses, menganalisis tanggapan siswa terhadap penggunaan media tersebut, serta mengevaluasi dampaknya terhadap pemahaman siswa kelas IV SD dalam materi Simple Present Tense dan Present Continuous Tense. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), melibatkan 12 siswa yang dipilih secara purposive. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara semi-terstruktur, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Wheel of Tenses mampu meningkatkan keaktifan siswa, membantu siswa dalam menyusun kalimat sesuai waktu dengan lebih mudah, dan menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan serta interaktif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Wheel of Tenses efektif digunakan sebagai media pembelajaran grammar. Penelitian ini memberikan kontribusi teoretis dalam pengembangan metode pembelajaran grammar, serta menawarkan rekomendasi praktis bagi guru dan pengembang media untuk mengadaptasi atau menciptakan media serupa. Disarankan agar penelitian lanjutan menggunakan desain campuran (mixed-methods) dan cakupan peserta yang lebih luas guna menguji efektivitas media dalam berbagai konteks pembelajaran. Abstract This study is motivated by the limited research on the effectiveness of game-based learning media in enhancing grammar comprehension, particularly tenses, despite its significant impact on English language learning in elementary schools. The study aims to describe the implementation of the Wheel of Tenses media, analyze students' responses to its use, and evaluate its impact on fourth-grade students' understanding of the Simple Present Tense and Present Continuous Tense. Employing a qualitative approach with a Classroom Action Research (CAR) method, the study involved 12 purposively selected students. Data were collected through observation, semi-structured interviews, and documentation, and analyzed qualitatively using data reduction, data display, and conclusion drawing techniques. The findings reveal that the Wheel of Tenses enhances student participation, facilitates sentence construction according to time context, and creates a fun and interactive learning environment. The study concludes that this media is effective as a grammar learning tool. The research contributes theoretically to the development of grammar teaching strategies and offers practical recommendations for teachers and media developers to adopt or innovate similar tools. Further research is encouraged using mixed-methods design and broader samples to examine its effectiveness in diverse educational settings.References
Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2021). Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Cowan, R. (2024). The Communicative Approach to Teaching English Grammar. Multi Research Journal.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2022). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (6th ed.). California: SAGE Publications.
EF Education First. (2023). EF English Proficiency Index 2023. https://www.ef.edu/epi/
Lestari, D., & Santoso, T. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Kreatif dalam Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Siswa dalam Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Bahasa, 12(1), 45–56.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2018). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (4th ed.). California: SAGE Publications.
Moleong, L. J. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ningsih, R. M. (2022). Pengaruh Media Permainan Bahasa terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 8(2), 91–100. https://doi.org/10.31227/jpdsn.v8i2.1032
Pusat Asesmen Pendidikan. (2022). Laporan Hasil Asesmen Nasional 2022. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. https://pusmendik.kemdikbud.go.id/
Rohike, S. (2023). Exploring Influential Factors and Strategies for Addressing Speech Delay of a Child with Autism Spectrum Disorder (ASD) in English L2 Language Acquisition. ResearchGate. https://www.researchgate.net/publication/378537721
Santrock, J. W. (2021). Educational Psychology (7th ed.). New York: McGraw-Hill Education.
Sari, M., & Fitria, Y. (2023). Pengaruh Pendekatan Permainan Edukatif terhadap Pemahaman Struktur Kalimat Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(2), 78–89.
Sari, R. N., & Fitria, T. N. (2023). Penggunaan Media Interaktif dalam Pembelajaran Grammar untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa Inggris, 5(1), 45–52. https://doi.org/10.24036/jipbi.v5i1.1490
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutama. (2021). Metodologi Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan Kelas. Yogyakarta: Deepublish.
Sutopo, H. B. (2021). Pengantar Analisis Data Kualitatif untuk Penelitian Ilmu Sosial dan Pendidikan. Surakarta: UNS Press.
Tomlinson, B. (2021). Developing Materials for Language Teaching. Bloomsbury Publishing.
Wibowo, A. (2022). Penerapan Analisis Data Kualitatif dalam Penelitian Kelas: Studi pada Guru SD. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Sekolah Dasar, 10(1), 45–56.
Wulandari, R., Sari, D. P., & Anindita, S. (2022). Pengaruh Media Permainan Bahasa Terhadap Peningkatan Kemampuan Grammar Siswa SD. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 8(3), 99–110.
Yulia, S., & Indriani, D. (2023). “Karakteristik Kognitif Siswa Sekolah Dasar dalam Penerimaan Materi Bahasa Inggris Dasar.” Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 10(2), 120–128. https://doi.org/10.26740/jpbaf.v10n2.p120-128
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nadhilah Syafitri, Sakira Azzura Caniago, Putri Pakpahan, Nanda Ramadani, Ananta Lestari Br Sembiring

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.Penulis.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).