INSTRUMEN PENILAIAN PENGEMBANGAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERPEN BERMUATAN BLENDED LEARNING UNTUK SISWA SMP/MTS

Penulis

  • Lita Sentiana Hutapea Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/edukasi%20kultura.v7i2.22007

Kata Kunci:

instrumen asesmen, menulis, teks cerpen, teks fable, Blended Learning.

Abstrak

Abstrak Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan instrumen asesmen keterampilan menulis teks cerpen dan teks fabel dan mendeskripsikan hasil uji reliabilitas produk instrumen. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan adaptasi O™Malley dan Pierce (1994). Ada empat produk dalam penelitian ini yakni (1) tugas menulis autentik teks cerpen, (2) panduan guru menulis untuk teks cerpen, (3) tugas menulis autentik teks fabel, dan (4) panduan guru untuk menulis teks fabel. Hasil penelitian pengembangan ini yaitu (1) produk instrumen asesmen teks cerpen mendapatkan nilai korelasi dan (2) produk instrumen asesmen teks fabel mendapatkan nilai korelasi. Nilai korelasi yang diperoleh produk instrumen asesmen teks cerpen dan teks fabel artinya produk instrumen asesmen teks cerpen dan teks fabel memiliki reliabilitas yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) proses pengembangan model Blended Learning pada teks cerpen, dan (2) menghasilkan model Blended Learning yang valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian pengembangan atau Research and Development. Proses Pengembangan model Blended Learning mengacu pada model pengembangan ADDIE.

Diterbitkan

2022-01-24

Cara Mengutip

Hutapea, L. S. (2022). INSTRUMEN PENILAIAN PENGEMBANGAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERPEN BERMUATAN BLENDED LEARNING UNTUK SISWA SMP/MTS. CULTURAL EDUCATION JOURNAL OF LITERATURE AND CULTURE, 7(2). https://doi.org/10.24114/edukasi kultura.v7i2.22007

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.