Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Kompetensi Melayani Makan dan Minum di Restoran Mata Pelajaran Tata Hidang dengan Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair

Ngatmini Ngatmini

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa pada Kompetensi Melayani Makan dan Minum di Restoran, Mata Pelajaran Tata Hidang dengan menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) di Kelas XI Tata Boga 2 SMK Negeri 8 Medan Tahun Ajaran 2014 – 2015. Tata Hidang merupakan salah satu mata pelajaran pada paket keahlian Tata Boga. Melalui penerapan model pembelajaran Think Pair Share, diharapkan dapak meningkatkan kemampuan siswa pada kompetensi dasar Melayani Makan dan Minum di Restoran di kelas XI Tata Boga 2 . Metode penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana dalam setiap 1 siklus dilaksanakan dalam 2 pertemuan dan  pada setiap siklus diselesaikan melalui tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI Tata Boga 2 SMK Negeri 8 Medan terdiri dari 32 orang. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian  ini adalah observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan kemampuan dasar melayani makan dan minum di restoran, mata pelajaran Tata Hidang pada siswa kelas Kelas XI Tata Boga 2, SMK Negeri 8 Medan. Hal tersebut dapat dilihat dari pencapaian persentase ketuntasan belajar yakni pada siklus I pertemuan I mencapai 23,3% siswa yang tuntas,dan76,7% tidak tuntas. Siklus I pertemuan II terdapat 62,86%  siswa yang tuntas dan37,14%  siswa yang tidak tuntas. Pada siklus II pertemuan I terdapat 77,14% siswa yang tuntas dan22,86% siswa yang tidak tuntas sedangkan pada siklus II pertemuan II meningkat menjadi 100% atau 32 orang siswa yang tuntas.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jptk.v20i1.11042

Article Metrics

Abstract view : 322 times
PDF - 318 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.