PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PELATIHAN INDUSTRI (TRAINING WITHIN INDUSTRI) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR INSTALASI MOTOR LISTRIK

Priady Pratama, Salman Bintang

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar pada siswa kelas XI Reguler  program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik terhadap penerapan strategi  pembelajaran pelatihan indsutri (Training Within Industri). Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2015/2016. Lokasi penelitian di SMK Swasta Sinar Husni 2 TR Labuhan Deli, yang beralamatkan di Jl. Veteran Gg. Utama Psr. V Helvetia Labuhan Deli, Kabupaten  Deli Serdang, Sumatera Utara. Metode  penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Instrument penelitian ini menggunakan tes berupa Job Sheet dan non tes yang berupa lembar observasi, dengan  Subjek penelitian siswa kelas IX Reguler program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Swasta Sinar Husni 2 TR Labuhan Deli Tahun Ajaran 2015/2016, yaitu sebanyak 1 kelas yang terdiri dari 20 orang siswa. Hasil observasi memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan aktifitas siswa pada siklus I rata-rata 69,625 % menjadi rata-rata 86,375 % pada siklus II , dengan rincian 12 siswa dinyatakan aktif dan 8 siswa dinyatakan tidak aktif pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 19 siswa dinyatakan aktif dan 1 siswa dinyatakan tidak aktif. Sedangkan hasil belajar pada siklus I sebanyak 13 (65%) siswa yang kompeten, dan pada siklus II terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan yaitu sebanyak 19 (95%) siswa yang kompeten. Nilai rata-rata  hasil belajar siswa pada siklus I  yakni 68,84 atau < 70, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan yakni 85,67 atau >70. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa proses pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran pelatihan industry (training within industry) dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar instalasi motor listrik siswa kelas XI reguler program studi Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) SMK Swasta Sinar Husni 2 TR Labuhan Deli Tahun Ajaran 2015/2016.

Kata kunci: Strategi pembelajaran, pelatihan industri, aktivitas dan hasil belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jptk.v17i2.4645

Article Metrics

Abstract view : 272 times
PDF - 389 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.