Korelasi Kecakapan Keteknikan dan Literasi Berwirausaha dengan Persepsi Terhadap Peluang Berwirausaha pada Siswa XII program Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK di Kota Malang
Abstract
Nurkhalim, Faizal. 2018. Hubungan Kecakapan Keteknikan dan Literasi Berwirausaha dengan Persepsi terhadap Peluang Berwirausaha pada Siswa Kelas XII Program Teknik Instalasi Tenaga LIstrik di SMK di Kota Malang. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Setiadi C. P., M. Pd., M. T. (II) Dr. Hakkun Elmunsyah, S. T., M. T.Kata Kunci : Kecakapan Produktif, Literasi Berwirausaha, Persepsi terhadap Peluang Berwirausaha. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah lembaga pendidikan formal tingkat menengah yang mencetak lulusan siap bekerja secara fisik dan akademik. Setiap lulusan lembaga pendidikan baik formal maupun non formal akan terjun dalam masyarakat atau dunia kerja dan menghadapi dunia nyata dengan segala tuntutan dan prasyarat yang diperlukan agar dapat memainkan perannya dengan baik. Semakin sulitnya mencari pekerjaan bagi siswa lulusan SMK, membuat lulusan SMK harus mempertimbangkan untuk memulai berwirausaha dengan modal ilmu yang mereka miliki, pengalaman dan wawasan mereka terhadap dunia wirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan Kecakapan Produktif (X1), dan Literasi Berwirausaha (X2) dengan Persepsi terhadap Peluang Berwirausaha (Y) pada siswa kelas XII program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga LIstrik SMK di Kota Malang, (2) Mengungkap Signifikansi hubungan antara X1 dan Y, (3) Mengungkap signifikansi hubungan antara X2 dan Y, (4) Mengungkap signifikansi antara X1 dan X2 secara simultan terhadap Y. Metode penelitian yang digunakan yaitu Ex Post Facto menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas XII program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik Se- Kota Malang. Teknik analisis data yaitu, analisis deskriptif, uji persyaratan analisis, dan uji hipotesis. Teknik Analisis data digunakan untuk mendeskripsikan keadaan setiap variabel, mengungkapkan hubungan antara variable bebas dan variable terikat baik secara parsial maupun secara simultan, dan menjawab hipotesis yang di ajukan. Untuk mengukur variabel x1 menggunakan nilai praktikum mata pelajaran produktif, sedangkan x2 dan y menggunakan instrumen penilaian berupa angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi parsial dan regresi ganda, analisis uji prasyarat, dan analisis sumbangan efektif-relatif menggunakan bantuan SPSS.Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu (1) X1 dalam kategori sedang, (2) X2 dan Y dalam kategori cenderung tinggi, (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara X1 dan Y, X2 dan Y, X1 dan X2 secara simultan dengan Y. Sumbangan relative dan efektif dari varibel bebas dan terikat secara berturut “ turut: (1) X1 terhadap Y sebesar 44,45% dan 27,73%, (2) X2 terhadap Y sebesar 55,55% dan 34,66%, dan (3) X1 dan X2 secara simultan terhadap Y sebesar 62,39%.Published
																			2025-05-10
																	
				How to Cite
Nurkhalim, F. (2025). Korelasi Kecakapan Keteknikan dan Literasi Berwirausaha dengan Persepsi Terhadap Peluang Berwirausaha pada Siswa XII program Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK di Kota Malang. JURNAL PENDIDIKAN TEKNOLOGI DAN KEJURUAN, 25(2). Retrieved from https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/mbt/article/view/9822
Issue
Section
								Articles
							
						License
Copyright (c) 2025 JURNAL PENDIDIKAN TEKNOLOGI DAN KEJURUAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


 
  
  
  
  
  
  
 


