PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM KKNI TERHADAP MINAT MENELITI MAHASISWA

Ivo Selvia Agusti, Roberto Erdian Sihotang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan kurikulum KKNI ter-hadap minat meneliti mahasiswa Program Studi Pendidikan Bisnis Universitas Negeri Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Prodi Pendidikan Bisnis Stambuk 2016 UNIMED yang berjumlah 103 mahasiswa dan sampel sebanyak 82 mahasiswa dengan teknik solvin sampling. Teknik Pengambilan data menggunakan observasi, dokumentasi dan penyebaran angket. Uji validitas menggunakan  teknik analisis product moment dan reliabili-tas angket menggunakan Cronbach Alpha. Hasil pengolahan data disimpulkan bahwa KKNI memiliki pengaruh positif dan sig-nifikan terhadap minat meneliti, yang ditunjukkan dari  perhitungan regresi sederhana dimana didapatkan  persamaan Y = 22,664 + 0,468 (X). Dan thitung > ttabel ( 9,908 > 1,664 ) dengan nila alpha 0,000 yang artinya dibawah (α)0,05.. Dan Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 54.5% .Pembahasan dalam penelitian diasumsikan  adanya pengaruh faktor-faktor lain seperti persepsi lingkungan pelatihan penelitian, minat dalam penelitian, Konsep diri yang lebih tinggi (Glenn W. Lambie & Nicole Vaccaro, 2011)

 

Kata Kunci : Kurikulum, Minat Meneliti

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/niaga.v8i1.12805

Article Metrics

Abstract view : 140 times
PDF - 552 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
NIAGAWAN is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.