PENGARUH GAYA HIDUP DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE IPHONE PADA GEN-Z (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Samudra)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya hidup dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian smartphone iPhone pada Gen-Z (studi kasus pada mahasiswa Universitas Samudra). Berdasarkan analisis data yang dilakukan diperoleh persamaan regresi yaitu Y = 1.180+0,388+0,501. Dari hasil uji t dapat dijelaskan bahwa gaya hidup dan kualitas produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone iPhone pada Gen-Z (studi kasus pada mahasiswa Universitas Samudra), di mana masing-masing variabel bebas (gaya hidup dan kualitas produk) memiliki nilai t sig < 0,05. Dari uji F dapat dijelaskan bahwa gaya hidup dan kualitas produk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone iPhone pada Gen-Z (studi kasus pada mahasiswa Universitas Samudra), di mana F.sig sebesar 0,000 < 0,05. Dari analisis koefisien determinasi dapat dijelaskan bahwa gaya hidup dan kualitas produk mempengaruhi keputusan pembelian smartphone iPhone pada Gen-Z (studi kasus pada mahasiswa Universitas Samudra), sebesar 60,0% sedangkan sisanya 40,0% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aini, F., & Maulidiyah, R. (2022). Pengaruh gaya hidup dan sikap konsumen terhadap keputusan pembelian. Jurnal Manajemen, 14(1), 83-90.
Amandin. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemasaran E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Kota Prakumbuh. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 2, 113-122.
Aminullah, R., Nurullaily, S., & Sanjaya, V. (2023). The Influence Of Price and Product Quality on iPhone Customer Satisfaction in Lampung, Indonesia. Islamic Economics Review Journal, 2, 9-17.
Andrian., Indra wahyu putra, C., Jumawan, & Nursal, M. F. (2022). Perilaku Konsumen. Penerbit Rena Cipta Mandiri, Malang
Arikunto, Suharsimi. (2014) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta, Jakarta
Ernawati, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. Jurnal Wawasan Manajemen, 7, 17-32.
Farhas, Rizqon Jamil. (2021). Analisis Keputusan Pembelian Smartphone pada Gen-Z. Journal of Engineering Science and Technology Management, Vol.01 No.02, 2828-7886.
Ghozali, Imam, 2016, Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23, Ed ke-8, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Hajati, D. I. (2022). Pengaruh Layanan Cash On Delivery, Online Consumer rating dan Reviews terhadap Keputusan Pembelian Produk secara Online. Jurnal Administrasi Bisnis, 8, 141-151.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan, UNITOMO PRESS, Jawa Timur
Kumbara, V. B. (2021). Determinasi Nilai Pelanggan Dan Keputusan Pembelian: Analisis Kualitas Produk, Desain Produk Dan Endorse. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(5), 604-630.
Maulida, U. (2002). Pergeseran Makna Kata pada Komunikasi Generasi Alpha sebagai Kontestasi Identitas. Jurnal Bahasa, Vo.11,38-49.
Noor, M. F., & Nurlinda, R. (2021). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone iPhone.Forum Ilmiah, 18, 150-161.
Razak, I. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 7, 1-14.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta, Bandung.
Talia, M. A., & Batu, R. L. (2022). Pengaruh Gaya Hidup Dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Iphone (Survei Pada Pengguna Iphone Di Karawang). Jurnal Apresiasi Ekonomi, 10, 386-394.
Tirtayasa, S., Lubis, A. P., & Khair, H. (2021). Keputusan Pembelian: Sebagai Variabel Mediasi Hubungan Kualitas Produk dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Insiparsi Bisnis & Manajemen, 5, 67-68.
Tjiptono, Fandy. 2019. Kepuasan Pelanggan-Konsep, Pengukuran dan Strategi. Andi Offset, Yogyakarta.
Triadi S, Rahayu Y, Kusnanto D. (2021). Pengaruh Gaya Hidup dan Harga terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen, Vol. 13 (2), 257-263.
Wolff, M., Tumbuan, W., & A Lintong, D. (2021). Pengaruh Gaya Hidup, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Merek Iphone Pada Kaum Perempuan Milenial Di Kecamatan Tahuna. Jurnal Ekonomi Manajement Bisnis Akutansi, 10, 1671-1681.
Yahya, L. M., Ulfa, R. D., Amalia, R., & Nisa, M. K. (2023). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Mahasiswa Terhadap Pembelian Produk UMKM. Jurnal Riset Manajemen, 1, 224-232.
DOI: https://doi.org/10.24114/niaga.v13i2.57082
Article Metrics
Abstract view : 146 timesPDF - 344 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Niagawan
NIAGAWAN by Program Studi Pendidikan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan is licensed under CC BY-NC 4.0