MINAT BELI KONSUMEN KOTAKSAYUR BANDUNG BERDASARKAN JASA PENGIRIMAN DAN PEMBAYARAN DIGITAL

Authors

  • Dita Amanah
  • Dedy Ansari Harahap

DOI:

https://doi.org/10.24114/niaga.v13i2.58946

Abstract

Dalam era digital yang semakin berkembang, minat beli konsumen dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk kualitas jasa pengiriman dan kemudahan pembayaran digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh jasa pengiriman dan metode pembayaran digital terhadap minat beli konsumen di platform e-commerce yaitu KotakSayur yang merupakan Toko Sayur Online di Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei yang melibatkan 98 responden di Bandung, dimana responden ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner online yang mencakup pertanyaan mengenai pengalaman dan preferensi konsumen terkait jasa pengiriman dan pembayaran digital yang kemudian dianalisis dengan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa jasa pengiriman memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli dengan signifikansi 0,6%. Selain itu, metode pembayaran digital juga ditemukan berkontribusi positif terhadap minat beli konsumen dengan signifikansi 2,2%. Nilai F hitung sebesar 14,380 juga membuktikan bahwa hasil uji penelitian ini signifikan secara statistik. Temuan ini mengindikasikan bahwa KotakSayur harus memperhatikan kedua aspek ini untuk meningkatkan pengalaman belanja konsumen dan mendorong peningkatan penjualan. Implikasi praktis dan rekomendasi untuk KotakSayur serta arah penelitian lanjutan juga dibahas dalam artikel ini.

Downloads

Published

2024-07-01