PENGARUH DISKON DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PENGGUNAAN APLIKASI GOJEK PADA MASYARAKAT KECAMATAN MEDAN HELVETIA KOTA MEDAN

Fachriza Aprialsyah, Nadia Ika Purnama

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Diskon Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen GoFood pada Masyarakat Kecamatan Medan Helvetia Kota Medan, baik itu secara parsial maupun secara simultan. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis linear berganda. Adapun hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan Diskon terhadap Keputusan Pembelian Konsumen GoFood. Ada pengaruh yang signifikan word of mouth terhadap Keputusan Pembelian Konsumen GoFood. Ada pengaruh yang signifikan antara  Diskon dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Konsumen GoFood di Kecamatan Helvetia Kota Medan. Hasil perhitungan regresi dapat diketahui bahwa koefisien determinasi (R square) yang diperoleh sebesar 28,2, hasil ini memiliki arti bahwa 28,2% variabel Keputusan Pembelian dapat dijelaskan oleh variabel Diskon dan Word of Mouth  sedangkan sisanya sebesar 71,3% diterangkan oleh variabel lain yang tidak diteliti.


Keywords


Diskon, Word of Mouth, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Amalia, N. R., & Saryadi. (2018). The Effect Of Ease Of Use And Discount On Purchase Decision In Tiket.com. Junral Ilmu Administrasi Bisnis, 7(3), 404-414.

Amalia, W. N. (2022). Pengaruh Potongan Harga, Kualitas Pelayanan Dan Wom (Word Of Mouth) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Richeese Factory Purwokerto. Jurnal Keuangan dan Bisnis, 7(3), 116-129.

Anjarini, A. D., Mulyapradana, A., Elshifa, A., & Khafidzin. (2022). Pengaruh Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Madu Pada UMKM Jamaluddin. Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi dan Kewirausahaan, 1(3), 66–77.

Ansari.A. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Ponsel Merek Samsung. Jurnal Keuangan dan Bisnis, 7(3), 227–242.

Daulay, R., & Mujiatun, S. (2021). The Appeal Of Advertising And Word Of Mouth To Online Shopping Interests On Shopee Application. In IJRS: Internasional Journal Reglement Society, 2(1), 44-53.

Daulay, R., & Putri, R. E. (2018). Analisis Faktor-Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Di Kota Medan. Asosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah’ Aisyiah (APPPTMA), 32(1), 50-65.

Dewi, I. K. (2018). Pengaruh Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen Bisnis Online. Jurnal Administrasi Bisnis, 56(1), 1-17.

Fadillah, A., & Syarif, R. (2018). Pengaruh Program Diskon Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 1(1), 77-84.

Fakhrudin, A., Yudianto, K., & Melly A.D, Y. S. (2021). Word Of Mouth Marketing Berpengaruh Terhadap Keputusan Kuliah. Forum Ekonomi, 23(4), 648–657.

Faozi, I., & Handayani, S. (2019). Analisa Keputusan Pembelian Yang Dipengaruhi Harga Promosi Dan Kualitas Pelayanan Pada PT Bina Pertiwi Semarang. Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi, 47(3), 44-52.

Febrianto, D. (2021). Pengaruh Iklan Di Media Sosial Dan Potongan Harga (Diskon) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Blibli.com Pada Pengikut Akun Twitter @bliblidotcom. JIMEN Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen, 10(1), 238-249.

Hanum, F., Purnama, N. I., & Hanum Harahap, S. (2021). Analisis Kualitas Pelayanan Dan Promosi Grab Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Mahasiswa Universitras Muhammadiyah Sumatera Utara Yang Menggunakan Grab. Jurnal Akuntansi, Manajemen, Ekonomi, 2(3), 528-537.

Hasan, H. (2009). Word Of Mouth Marketing Sebagai Bauran Komunikasi Pemasaran. Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis, 6(2), 101-112.

Huda, M., Hartati, N., & Leriani, E. (2023). Pengaruh Word Of Mouth, Daya Tarik Produk dan Potongan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Pelita Manajemen, 2(1), 76-84.

Jannah. (2019). Proses Keputusan Pembelian. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Joesyiana, K. (2018). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Media Online Shop Shopee Di Pekabaru (Survey pada Mahasiswa Semester VII Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau). Jurnal Valuta, 4(1), 71–85.

Julianti, D. A., & Junaidi, A. (2020). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Baso Aci Akang Citra Raya Tangerang. Prologia, 4(1), 75-84.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Erlangga.

Kumala, F. N. O., & Fageh, A. (2022). Pengaruh Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Halal Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Ekonomi dan Bisnis, 6(1), 1-11.

Muis, M. R., Gultom, D. K., Jufrizen, J., & Azhar, M. E. (2020). Model Elektronik Word of Mouth: Citra Destinasi, Kepuasan dan Loyalitas Wisatawan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 21(1), 1–19.

Ningsih, W. (2015). Pengaruh Produk Pelayanan Dan Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Bella Acc Yogyakarta. Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen (JPIM), 5(3), 112-125.

Paputungan, P. R., Soegoto, A. S., & Roring, F. (2018). Pengaruh Promosi Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Di Oriflame Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(4), 3703–3712.

Prasetiyo, B., & Hidayat, T. (2019). Pengaruh Promosi Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Xyz Donut. Jurnal Akuntansi, 4(1), 937-951.

Purnama, N. I., Ramadhan, A., & Kurniawan, R. (2021). The Influence Of Price, Promotion And Product Quality On Samsung Smartphone Purchase Decisions In Umsu Students. Proceeding International Seminar on Islamic Studies, 2(1), 1-13.

Santoso, M. W. B., Widodo, J., & Zulianto, M. (2022). Pengaruh Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Marketplace Shopee (Studi Kasus Masyarakat Desa Kesilir Kabupaten Jember). Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Kewirausahaan, 2(1),47-59.

Sari, D. P. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian, Kualitas Produk, Harga Kompetitif, Lokasi (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(4), 524-533.

Soraya, N. C. T., & Marlena, N. (2020). Pengaruh Word Of Mouth Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Rumah Makan Bebek Sinjay Bangkalan. Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen (JPIM), 5(3), 229–245.

Syahtidar, N., & Siregar, M. E. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian pada Pengguna Aplikasi Marketplace di Bekasi. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan. JBMK, 3(1), 44-59.




DOI: https://doi.org/10.24114/niaga.v13i2.59237

Article Metrics

Abstract view : 4 times
PDF - 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
NIAGAWAN is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.